, ,

Usaha Air Isi Ulang, Ini Rincian Modal serta Tips Suksesnya

by -5 views
Usaha Air Isi Ulang
Usaha Air Isi Ulang

Air adalah kebutuhan dasar bagi manusia, setiap hari manusia membutuhkan air untuk menghindari dehidrasi. Jika manusia kekurangan air maka akan berdampak buruk terhadap tubuhnya. Karena itu prospek usaha air minum sangat menguntungkan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas terkait kelebihan bisnis dan rincian modal membuka usaha air minum. Jika Anda tertarik silahkan baca pembahasan hingga selesai;

Keuntungan Membuka Usaha Air Minum Isi Ulang

Usaha Air Isi Ulang
Usaha Air Isi Ulang

Nah sebelum membahas terkait rincian modal ketika membuka usaha, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa kelebihan usaha ini. Berikut informasinya untuk Anda;

  • Modal yang relatif kecil

Di bawah kita akan membahas secara rinci terkait membuka usaha isi ulang galon. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena modal yang diperlukan bisa dimulai dari 10 juta saja. Bahkan di rumah Anda dapat membuka usaha isi ulang galon secara manual atau sederhana yang tentunya tidak membutuhkan modal besar.

  • Mudah dijalankan

Berbeda dengan beberapa jenis bisnis lain, usaha isi ulang galon terbilang sangat mudah untuk dijalankan. Anda dapat menjalankan bisnis ini secara mandiri tanpa membutuhkan karyawan.
Terlebih jika menggunakan mesin maka dapat menghemat waktu pekerjaan dan lebih efisien daripada merebus air sendiri.

  • Bisnis yang tidak musiman

Sebagaimana yang telah disinggung di atas jika air minum adalah kebutuhan manusia yang sangat mendasar, karena itu setiap hari orang membutuhkan air. Bisnis ini termasuk non musiman karena setiap hari Anda dapat memperoleh pelanggan yang isi ulang air galon.

  • Tempat bisa dimana saja

Anda tidak perlu menyewa ruko ataupun semacam kedai, usaha isi galon dapat dibuka di depan rumah sendiri. Manfaatkan ruang kosong yang ada untuk menaruh beberapa peralatan isi ulang. Anda dapat memanfaatkan ruangan kecil atau teras rumah.

  • Dapat dikombinasikan dengan usaha lain

Banyak pebisnis usaha isi galon memadukan atau kombinasikan dengan usaha lainnya. Usaha yang dapat dikombinasikan dengan bisnis ini adalah; seperti menjual gas elpiji, konter pulsa, warung, dan lain sebagainya.

Dengan begitu Anda bisa memperoleh keuntungan yang berlipat. Yang penting mampu memanfaatkan situasi.

  • Untung besar

Air bersih dapat diperoleh secara gratis. Hanya saja di beberapa daerah tertentu mungkin membutuhkan biaya tambahan untuk membuat sumur bor. Salah satu kunci suksesnya adalah menjaga loyalitas pelanggan untuk tetap membeli air DI tempat Anda.

Rincian Modal Usaha Air Minum Isi Ulang

Usaha Air Isi Ulang
Usaha Air Isi Ulang

Di atas kita telah membahas terkait kelebihan usaha air minum, nah berikut adalah rincian modal yang diperlukan ketika membuka usaha ini;

  • Belanja Peralatan = harga Rp 16 juta
  • Gaji Karyawan = harga Rp 750 ribu
  • Biaya Transportasi = harga Rp 100 ribu
  • Bayar Listrik = harga Rp 150 ribu
  • Beli tutup galon, tisu, air = harga Rp 2 juta

Rincian modal diatas hanyalah estimasi saja, bahkan Anda bisa menghemat anggaran dengan memilih jenis peralatan yang lebih murah. Anda dapat membuka usaha ini hanya bermodal 10 juta rupiah.

Pemangkasan biaya operasional dapat dilakukan dengan mengerjakan usaha ini tanpa karyawan, atau membeli peralatan second yang masih berkualitas.

Tips Sukses Memulai Usaha Isi Ulang Air Galon

Bisnis menguntugnkan
Usaha Air Isi Ulang

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuka usaha isi ulang air, nah berikut informasinya untuk Anda;

  • Menentukan target pasar

Sebelum membuka usaha tentu Anda harus merencanakan siapa target pasarnya. Anda dapat mencari lokasi lokasi tertentu yang potensial, misalnya di dekat perkampusan yang banyak anak kost atau di daerah padat penduduk dan lain sebagainya.

Lokasi inilah yang menentukan siapa target pasar Anda. Karena itu pastikan membuka usaha di tempat strategis dan potensial.

  • Melakukan survei

Ketika membuka usaha depot air usahakan jangan nekat, Anda perlu melakukan survei baik terkait lokasi ataupun kompetitor.
Ada banyak pebisnis yang sudah memulai usaha isi ulang air, karena itu kompetitor menjadi hal utama untuk diperhatikan.

Untuk memenangkan persaingan tentu Anda harus memperhatikan kualitas air minum, promosi, bonus dan lain sebagainya.

  • Strategi pemasaran

Tentu kita menyadari bahwa ada banyak rintangan ketika baru memulai usaha, hal itu karena bisnis yang dikelola belum banyak dikenal orang. Pastikan Anda memiliki strategi jitu untuk mendapatkan konsumen air isi ulang.

Lakukanlah promosi produk di tahap awal, misalnya di hari-hari tertentu Anda memberikan promo isi 2 galon cukup bayar satu galon atau lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha air isi ulang yang menguntungkan. Jika Anda tertarik membuka usaha ini perhatikan beberapa tips yang telah disebutkan di atas.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan baca juga artikel lain terkait Referensi Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan.