, ,

Usaha Catering Rumahan Bisa Untung Besar, Ini Triknya

by -27 views
Usaha catering
Usaha catering

Usaha catering menjadi salah satu jenis usaha yang diminati khususnya para ibu rumah tangga. Bisnis satu ini masuk ke dalam jualan yang laku setiap hari. Apalagi sejak adanya teknologi internet. Jika kamu ingin mencicipi usaha makanan rumahan online ini ada hal yang perlu diperhatikan.

Bisnis makanan online rumahan ini perlu dikelola dengan baik. Meski hanya usaha kecil, usaha catering bisa jadi usaha yang menjanjikan. Tapi kamu harus tahu cara mengelolanya. Yuk ikuti trik berikut ini.

Usaha catering
Usaha catering

1.Tentukan Jenis Usaha Catering

Saat memutuskan untuk mencoba catering, jangan anggap bahwa bisa langsung berjalan. Pastinya kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan modal dan target konsumen. Ada beberapa jenis catering yang bisa kamu coba.

Misalnya jika kamu tinggal di sekitar perkantora, maka kamu bisa mencoba catering kantoran. Jika memang kamu ingin mencoba usaha ini, pastikan kamu memilih menu yang cocok untuk karyawan termasuk penyajiannya.

Atau mungkin kamu punya modal besar sehingga ingin membuat catering untuk acara besar misalnya pernikahan. Ini juga berpengaruh pada alat yang harus kamu miliki termasuk sumber daya manusia di dapur.

Jadi pastikan terlebih dahulu jenis catering yang akan dibuat. Dengan perencanaan kamu jadi tahu berapa modal yang dibutuhkan dan juga seperti apa teknik pemasarannnya. Harga catering juga dipengaruhi oleh hal ini.

Usaha catering
Usaha catering

2.Mencari Supplier yang Berkualitas

 Nah salah satu faktor penting dalam mencoba usaha catering adalah mengenai bahan-bahan yang akan kamu gunakan. Kamu harus menemukan supplier bahan-bahan seperti daging, sayuran hingga beras yang pastinya murah tapi berkualitas.

Cobalah untuk membuat perbandingan dari banyak supplier supaya kamu mengetahui mana yang sesuai dengan harga dan kebutuhan. Jangan sampai kamu hanya ingin membuat catering rumahan tapi malah memakai supplier yang terlalu mahal. Kamu pastinya malah mendapatkan kerugian.

Usaha catering
Usaha catering

3.Usaha Catering Harus Punya Keterampilan

 Faktor keterampilan memasak adalah yang utama jika kamu ingin memulai bisnis ini. Jika merasa kurang mahir, kamu bisa belajar terlebih dahulu. Pelajari resep-resep mudah yang bisa kamu coba.

Beberapa orang bahkan hanya memiliki keahlian masak di bidang tertentu. Misalnya saja hanya jago memasak roti atau kue. Ini bukan menjadi masalah dan justru bisa jadi peluang. Menu yang disajkan bisa sesuai dengan keterampilan masing-masing loh.

Jangan takut untuk mencoba apalagi jika kamu memang punya menu andalan. Beberapa pengusaha sukses juga hanya menjual beberapa jenis makanan yang memang jadi unggulan. Usaha catering bukan berarti harus menjual semua jenis makanan.

Usaha catering
Usaha catering

4.Merekrut Karyawan

 Bisnis makanan rumahan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka jangan ragu untuk merekrut karyawan. Jangan lupa untuk mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Pastinya kamu harus mencari karyawan yang pintar masak supaya bisa jadi teman diskusi dalam hal menentukan menu.

Selain itu, pastikan pula ia punya banyak kenalan supplier. Karyawan yang keatif juga dibutuhkan supaya ia bisa memberikan inovasi dalam menu makanan. Tak hanya itu saja, karyawan yang kreatif juga bisa memiliki ide dalam bidang pemasaran.

Jangan ragu untuk merekrut karyawan. Apalagi usaha catering rumahan memiliki deadline tertentu. Misalnya ada pesanan banyak yang mau diambil di pagi hari. Jika tak punya karyawan tentunya kamu akan kelabakan untuk melayani pembeli.

Usaha catering
Usaha catering

5.Lakukan Promosi dengan Tepat

Kesuksesan sebuah usaha juga ditentukan dari cara promosinya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Pertama tentunya dengan testimoni pelanggan. Kekuatan mulut ke mulut memang bisa menjadi strategi promosi. Namun itu saja tidak cukup.

Kemajuan digital membuat kamu bisa mencoba berjualan secara online. Kamu perlu membuat akun media sosial terlebih dahulu. Setelah itu cobalah untuk berjualan dengan menggunakan foto yang menarik.

Jangan ragu untuk membuat promosi awal misalnya beli 1 gratis 1 atau gratis ongkos pengiriman. Teknik marketing itu sangat disukai oleh pelanggan. Kamu juga tetap bisa membuat materi promosi cetak seperti banner atau flyer.

Ternyata banyak cara yang bisa kamu lakukan agar usaha catering berjalan sukses. Jangan takut untuk memulai bisnis ini karena jika ditekuni usaha satu ini bisa mendapatkan keuntungan besar dan pastinya jadi usaha yang menjanjikan.