,

Ini 5 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok

by -5 views
Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok
Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok

Ketika membuka usaha atau bisnis tertentu Anda dapat memulainya secara bersama-sama dengan pihak lain. Ada banyak jenis usaha ekonomi yang dikelola oleh kelompok dan bisa menjadi pilihan jenis usaha untuk Anda sendiri.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas tentang 5 jenis usaha yang dikelola oleh kelompok tersebut secara singkat. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak pembahasan ini hingga selesai.

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok

Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok
Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok

Setidaknya ada 5 jenis usaha ekonomi yang dikelola oleh kelompok, yaitu sebagai berikut:

BUMN

BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, sesuai dengan namanya jenis usaha ini dikelola dan diberi modal oleh negara. Modal dan kepemilikan tersebut bisa sepenuhnya milik negara maupun sebagiannya saja.

Ada banyak fungsi dan peranan BUMN, misalnya sebagai penyedia barang ekonomi yang tidak disediakan oleh swasta. Selain itu fungsi dan peranan BUMN antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pemerintah menjadikan BUMN sebagai alat untuk menata kebijakan perekonomian
  • Menjadi penyedia layanan untuk kebutuhan masyarakat
  • Menjadi pengelola dari cabang-cabang sumber daya alam
  • Memenuhi kebutuhan jasa maupun barang bagi banyak orang
  • Menjadi lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia
  • Sebagai penghasil devisa untuk kekayaan negara
  • Menjadi pelopor terhadap sektor-sektor usaha yang belum banyak diminati, dan lain sebagainya.

Firma

Firmas adalah jenis usaha ekonomi yang setidaknya dikelola oleh dua sekutu aktif. Dua sekutu yang bekerjasama tersebut menggunakan nama atau brand yang sama untuk memperluas usahanya.

Firma memiliki tujuan kerja sama untuk mendapatkan hasil dari persekutuan tersebut. Setiap anggota atau sekutu yang terkait memiliki tanggung jawab yang sama terhadap perusahaan. Tidak hanya terkait keuntungan, jika Firma mengalami kebangkrutan maka semua anggota harus bertanggung jawab hingga harta milik pribadi pun bisa ikut terseret.

Semua anggota di dalam kelompok usaha Firma bertanggung jawab sepenuhnya terhadap hutang piutang perusahaan terkait. Firma adalah jenis usaha kelompok yang tidak memiliki badan hukum karena tidak ada pemisahan antara harta kekayaan persekutuan dan pribadi.

Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer atau yang biasa disingkat dengan CV adalah usaha persekutuan yang didirikan oleh satu orang ataupun lebih. Persekutuan tersebut mempercayakan uang atau barang kepada satu orang atau beberapa orang untuk menjalankan perusahaan.

Persekutuan komanditer terbagi menjadi 3, yaitu persekutuan komanditer murni, persekutuan komanditer campuran, dan persekutuan komanditer bersaham.

Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas adalah badan usaha dengan bermodalkan saham. Setiap pemilih dari perseroan terbatas tergantung dengan saham yang dia miliki. Perusahaan bisa diperjualbelikan tanpa perlu membubarkan perusahaan tersebut. Hal itu karena modal yang ada di dalam perusahaan tersebut berupa saham saham.

Besaran modal perseroan terbatas ini sudah tercantum dalam anggaran dasar. Sehingga kekayaan pribadi terpisah dari kekayaan perusahaan tersebut. Setiap pemilik saham dalam perusahaan memiliki tanggung jawab yang terbatas sesuai dengan banyaknya sahamnya yang dia milikku.

Koperasi

Koperasi adalah jenis usaha yang berbentuk badan usaha ekonomi dan koperasi yang dimiliki oleh seseorang untuk kepentingan bersama. Dalam menjalankan koperasi, kegiatan dan prinsip didalamnya berdasarkan asas kekeluargaan.

Dalam pengerteiannya koperasi merupakan suatu sistem ide-ide abstrak yang berisikan petunjuk dalam membangun koperasi agar bisa bertahan lama serta efektif.

Adapun prinsip koperasi yang terbaru dikembangkan oleh Federasi Koperasi nonpemerintah Internasional adalah sebagai berikut:

  • Pengelolaan koperasi yang demokratis
  • Keanggotaan yang bersifat sukarela dan terbuka
  • Memiliki otonomi dan kebebasan tersendiri
  • Anggota memiliki partisipasi dalam ekonomi
  • Pengembangan informasi, penelitian dan pendidikan

Untuk di Indonesia sendiri sebenarnya telah dibuat UU tentang perkoperasian, prinsipnya adalah sebagai berikut:

  • Pengelolaan koperasi dilaksanakan secara demokratis
  • Keanggotaan bersifat terbuka atau sukarela
  • SHU dibagikan secara adil sesuai dengan jasa usaha setiap anggota
  • Kemandirian
  • Pendidikan perkoperasian
  • Memiliki kerjasama antar koperasi
  • Balas jasa yang diberikan secara terbatas terhadap modal

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang usaha ekonomi yang dikelola kelompok. Semoga pembahasan ini membutuhkan wawasan Anda terkait jenis-jenis usaha. Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan baca juga artikel lain terkait 5 Tahapan untuk Menentukan Ide dan Peluang Usaha.