, ,

Usaha Jasa Pengetikan, Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

by -5 views
Usaha jasa pengetikan
Usaha jasa pengetikan

Usaha jasa pengetikan menjadi salah satu bisnis anak kuliahan modal namun bisa menguntungkan. Di zaman sekarang yang serba digital memang semakin jarang kita menemukan buku atau tulisan dalam bentuk fisik. Tapi masih banyak orang yang memiliki file dalam bentuk fisik. Maka dari itu, mereka membutuhkan jasa untuk membuatnya jadi dalam bentuk digital.

Selain itu, pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini juga bisa ditujukan untuk mahasiswa yang malas mengetik tugas. Ini bisa jadi peluang besar untuk mahasiswa sebab bisa menjadi bisnis tanpa modal namun menguntungkan. Nah, kamu wajib mengetahui beberapa hal sebelum membuat bisnis.

Usaha jasa pengetikan
Modal usaha jasa pengetikan

Usaha Jasa Pengetikan : Persiapan Alat yang Dibutuhkan

Tentu saja yang kamu butuhkan adalah komputer dan juga internet. Pastinya kamu memiliki komputer atau laptop yang biasa digunakan untuk mengerjakan tugas. Bagaimana dengan internet? Kamu bisa datang ke tempat umum yang menyediakan free wi-fi misalnya perpustakaan kampus. Kamu bisa mengambil data terlebih dahulu baru mengerjakan di rumah atau kos.

Sebab, pengerjaan ketikan tidak selamanya membutuhkan internet. Jadi kamu bisa menghemat tanpa perlu menghabiskan kuota. Selain itu, kamu biasanya membutuhkan printer untuk mencetak hasil ketikan. Untuk ini kamu cukup melakukannya di warnet terdekat. Biasanya harganya juga terjangkau kok.

Usaha jasa pengetikan
Harga usaha jasa pengetikan

Usaha Jasa Pengetikan, Tentukan Harga

Hal berikutnya yang perlu kamu pikirkan adalah tarifnya. Kamu bisa mengecek jasa pengetikan di sekitar kamu supaya jangan sampai tarif terlalu mahal. Rata-rata tarif untuk jasa pengetikan adalah Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu tergantung dari kesulitan dokumen yang dikerjakan.

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan jasa lain misalnya jasa mengedit foto. Kamu bisa meningkatkan skill mengedit foto di berbagai aplikasi seperti photoshop. Biasanya tempat edit foto ini jadi satu bersama dengan jasa pengetikan. Tentu ini jadi peluang usaha untuk mahasiswa menjanjikan.

Jika ada skill untuk menerjemahkan bahasa asing, kamu bisa menawarkan jasa terjemahan baik dari bahasa asing ke bahasa Indonesia begitu pula sebaliknya. Ini juga menjadi salah satu bisnis mahasiswa yang bisa dilakukan tanpa modal. Bahkan sekarnag banyak situs yang bisa dipakai untuk menawarkan jasa tersebut.

Usaha jasa pengetikan
Promosi usaha jasa pengetikan

Lakukan Promosi yang Tepat

Pastinya langkah awal yang perlu kamu lakukan dalam usaha jasa pengetikan adalah mencari pelanggan dari teman-teman terdekat. Kamu bisa membuat poster sederhana untuk menyampaikan informasi seperti tarif, jenis layanan dan nomor telepon. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan testimoni dari pelanggan lain yang puas dengan layananmu.

Jika ingin mengambil pasar yang lebih luas, kamu bisa menggunakan media sosial. Jangan lupa untuk menjabarkan informasi yang jelas di sana misalnya jenis layanan hingga alur pemesanan supaya calon pelanggan kamu mengetahui dengan jelas soal layanan ini terutama soal durasi pengerjaan. Bahkan kamu bisa membuat blog agar bisa menampilkan portfolio penulisan.

Usaha jasa pengetikan
Sukses usaha jasa pengetikan

Agar Usaha Bisa Sukses

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam bisnis usaha jasa pengetikan adalah memastikan tidak ada kesalahan dalam bekerja. Beberapa kesalahan yang sangat sering terjadi adalah typo. Maka dari itu, kamu harus sangat teliti dalam melakukan pekerjaan ini. Jangan lupa untuk memakai beberapa alat pengkoreksi typo yang memudahkan kamu mengetahui apakah ada kesalahan.

Berikutnya adalah harus tetap menjadikan pelanggan sebagai prioritas. Tentunya kamu harus disiplin dalam hal durasi penyelesaian pekerjaan. Jangan sampai terlalu ngaret yang membuat kamu sudah tidak dipercaya lagi oleh orang lain. Kamu juga bisa memberikan potongan harga bagi pelanggan tetap.

Terakhir jangan lupa untuk terus melihat peluang. Seringkali banyak orang yang tidak melakukan inovasi dalam berbisnis. Usaha jasa pengetikan bisa berkembang ke jasa lain seperti jasa pembuatan artikel hingga jasa pembuatan design sederhana.

Itu dia sederet langkah yang bisa kamu coba dalam menjalankan usaha untuk mahasiswa ini. Memang usaha ini minim risiko karena tak membutuhkan modal tapi bukan berarti kamu asal-asalan dalam menjalankannya. Kamu tetap membutuhkan berbagai usaha agar bisnis jasa yang kamu jalankan ini berjalan lancar. Tak jarang banyak orang yang bisa menuai kesuksesan dari bisnis kecil seperti ini.