,

7 Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Bisa Ditiru

by -5 views
Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Banyak cara untuk dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, salah satu adalah dengan membuka bisnis sendiri. Bisnis usaha kecil dan menengah atau yang biasa disingkat UKM menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh keuntungan.

Ada beberapa contoh usaha kecil dan menengah yang dapat ditiru oleh siapapun. Dengan modal yang minim beberapa contoh usaha berikut ini dapat dijalankan secara maksimal.

7 Contoh Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Langsung saja pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa contoh usaha UKM yang telah terbukti menguntungkan dan menghasilkan. Berikut diantaranya;

1. Usaha kecil menengah bisnis kuliner

Kuliner menjadi salah satu pilihan usaha yang seolah tidak pernah mati. Ada banyak ragam usaha kuliner yang dapat dikembangkan bahkan dapat dimulai dengan modal yang sangat minim.

Misalnya saja bisnis kuliner dengan membuka warung sate ataupun bakso. Walaupun terdengar sederhana atau telah banyak dikerjakan oleh orang, akan tetapi peluang usaha ini masih sangat menjanjikan.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak, tentu menjadikan bisnis kuliner memiliki prospek cerah serta dapat menguntungkan.

2. Bisnis pendidikan

Membuka tempat pelatihan ataupun kursus menjadi salah satu pilihan terbaik untuk bisnis UKM. Hal itu karena pelajar ataupun mahasiswa membutuhkan tempat untuk menambah skill dan keahlian

Atau Anda juga dapat membuka kursus pendidikan memasak, seni ukir dan lain sebagainya sehingga tidak hanya terkait pendidikan umum. Prospek usaha ini sangat cerah mengingat beberapa materi dan skill keterampilan tidak dapat diperoleh langsung di bangku sekolah.

3. Bisnis otomotif

Salah satu peluang usaha yang cukup terbuka lebar adalah bisnis otomotif. Anda dapat membuka bisnis ini dengan jual beli suku cadang kendaraan, rental motor dan mobil, jasa cuci kendaraan, bengkel otomotif dan lain sebagainya.

Dengan pertumbuhan jumlah pengguna kendaraan yang terus bertambah menjadikan peluang bisnis ini sangat potensial. Dalam sebuah laporan dari Katadata, pertumbuhan kendaraan motor di Jakarta rata-rata mencapai 5,3% pertahunnya.

4. Bisnis tour and travel

Membuka usaha terkait tour and travel memiliki potensi yang sangat menguntungkan. Terlebih jika anda tinggal di daerah pariwisata yang tentunya banyak wisatawan yang datang.

Anda dapat menawarkan paket tour dengan fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan. Bisnis tour and travel ini bisa mencakup layanan akomodasi, seperti villa, losmen, guest house dan lain-lain.

Atau Anda juga dapat menyediakan toko yang terkait dengan oleh-oleh, baik itu makanan ataupun produk khas dari daerah tertentu.

5. Bisnis teknologi internet

Pengaruh teknologi internet sudah sangat luas terhadap kehidupan manusia sekarang ini. Banyak aktivitas manusia dilakukan melalui internet, baik itu pekerjaan, pendidikan, manajemen dan sebagainya.

Bisnis internet ini memiliki cakupan yang sangat luas, anda dapat membuka layanan pembuatan website, landing page, search engine optimization (SEO) dan lain-lain.

6. Bisnis produk kreatif

Salah satu produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah produk kreatif. Produk semacam ini tentu sangat mementingkan artistik dan keunikannya, karena itu jika anda tertarik memulai usaha UMKM ini maka harus memiliki skill dan kemampuan yang baik untuk mengolah kerajinan.

Produk kreatif ini mencakup aksesoris, ornamen, hiasan, produk fashion dan lain-lain.
Atau Anda juga dapat mengolah limbah industri untuk dijadikan sesuatu yang kreatif. Nah jika tinggal di laut, Anda pun dapat memanfaatkan limbah laut semacam karang, rumah keong atau lainnya untuk dijadikan produk kreatif yang bernilai ekonomi tinggi.

7. Bisnis usaha kecil menengah agribisnis

Bisnis di bidang pertanian dan peternakan di Indonesia masih sangat terbuka luas belum banyak orang yang fokus menyediakan produk pertanian dan peternakan sehingga wajar Indonesia masih sering melakukan impor produk-produk tersebut dari luar negeri.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak menjadikan produk pertanian dan peternakan sangat dibutuhkan. Karena itu jika anda memiliki modal yang lebih, ada baiknya untuk melakukan investasi di bidang ini.

Usaha yang dapat dijalankan adalah, semisal budidaya tanaman rempah, jual bibit tanaman, menanam sayur mayur, beternak ayam potong, beternak ayam petelur dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Usaha kecil menengah menjadi salah satu pokok perekonomian Indonesia, mengingat bisnis UKM ini telah menyerap banyak pekerja Indonesia serta memberi kontribusi yang besar terhadap berjalannya roda perekonomian.

Karenanya pemerintah pun sangat mendukung tumbuhnya bisnis UKM dengan memberikan sarana dan prasarana terbaik untuk memudahkan pelaku bisnis. Demikian pembahasan tentang beberapa contoh bisnis UKM yang dapat ditiru, semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 5 Strategi Mengembangkan Usaha Kecil Menengah yang Kreatif