, ,

5 Strategi Mengembangkan Usaha Kecil Menengah yang Kreatif

by -6 views
Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Sebagai salah satu pendorong perekonomian Indonesia, usaha kecil menengah mengambil peranan penting untuk menyerap tenaga kerja. Karena itulah pemerintah sangat mendukung perkembangan UKM ini.

Akan tetapi sebagai pelaku UKM, tentu kita harus kreatif dalam membangun bisnis. Nah berikut ini kita akan membahas terkait 5 strategi efektif untuk mengembangkan UKM guna meraih peluang pasar.

Strategi Jitu Pengembangan UKM

Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Ada banyak strategi yang perlu diterapkan dalam pengembangan UKM. Di bawah ini kita akan bahas poin-poin penting saja yang perlu diketahui:

1. Mengajukan Permohonan Pembangunan Prasarana

Pembangunan prasarana tentu akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan UKM. Biaya distribusi yang tinggi disebabkan oleh prasarana yang kurang baik, tentu akan memperkecil keuntungan bagi pelaku UKM itu sendiri.

Itu mengapa sebagai pelaku usaha ada baiknya untuk mengajukan permohonan pembangunan kepada pemerintah. Karena memang pemerintah sendiri sangat mendukung terhadap perkembangan usaha kecil menengah.

Dengan adanya prasarana serta transportasi yang mendukung tentu akan memudahkan distribusi barang serta hasil produksi untuk dipasarkan. Terlebih dengan penyaluran produk cepat akan membuka peluang konsumen yang lebih besar.

2. Membangun Kelompok Usaha

Jika anda menggerakkan usaha secara mandiri hal itu sebenarnya akan memberi dampak yang lambat terhadap akumulasi modal. Serta, anda tidak bisa mengendalikan distribusi, baik itu hasil produksi ataupun barang mentah yang diperlukan. Sehingga sebagai pengusaha, anda tidak dapat menentukan pasokan bahan baku.

Berbeda ketika anda membangun kelompok usaha dengan satu wadah. Dengan strategi pengembangan UKM seperti ini akan memungkinkan pengusaha kecil memiliki kekuatan untuk dapat mengendalikan distribusi.

Bukan hanya itu, adanya kelompok usaha memudahkan UKM menjalin kemitraan dengan pihak lain. Serta persatuan kelompok semacam ini dapat memperdayakan masyarakat untuk mengambil peranan dalam suksesnya usaha.

3. Mengembangkan Jaringan Usaha Pemasaran dan Juga Kemitraan

Membangun jaringan usaha tentu sangat penting untuk meningkatkan produksi ataupun keuntungan. Kemitraan semacam ini akan memperkuat pengusaha kecil untuk bisa bertahan dengan kondisi sepertis sekarangi.

Banyak pelaku UKM yang belum menyadari pentingnya menjalin kemitraan dengan perusahaan besar sehingga eksistensi usaha mereka tentu sangat rentan. Dengan adanya kaitan antara pelaku UKM dan perusahaan besar akan memberikan dampak positif keduanya, yaitu menjadi simbiosis mutualisme.

Misalnya pengusaha kecil dapat memasok barang kepada perusahaan besar untuk proses produksinya.

Kemitraan dengan perusahaan besar tentu menjadi sangat penting karena dengan adanya UKM bukan berarti meniadakan eksistensi para pelaku usaha besar. Tapi sebaliknya, UKM dan perusahaan besar harus dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Selain itu UKM juga dapat membentuk kemitraan pola cluster, yaitu mendekatkan usaha-usaha sejenis dalam satu wilayah geografis. Hal ini diharapkan untuk dapat menghasilkan produk berkualitas kompetitif serta dapat bersaing di pasar internasional.

4. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau sering disingkat dengan SDM menjadi faktor penting yang harus dikembangkan dalam UKM. Hal itu dikarenakan agar para pelaku UKM dapat menghasilkan produk yang kompetitif dengan produk impor.

Karena itu sebagai pelaku usaha kecil menengah Anda harus membenahi manajemen pengolahan SDM ini
Anda dapat meningkatkan kualitas sdm dengan memberikan pelatihan, lokakarya, seminar ataupun kerjasama usaha. Walaupun memang hal ini tentunya membutuhkan biaya lebih yang perlu Anda persiapkan.

5. Promosi dan Branding

Promosi dan branding produk menjadi hal yang tidak dapat dilupakan dari strategi pengembangan UKM usaha kecil menengah. Anda dapat melakukan promosi dan branding dengan langkah-langkah berikut ini;

  • Membuat produk yang unik

Untuk memenangkan persaingan dalam usaha tentu anda harus memperhatikan produk. Tidak hanya terkait kualitas tetapi agar dilirik orang tentu Anda harus produk yang unik.

  • Pertahankan pelanggan lama dan carilah pelanggan baru

Mempertahankan pelanggan lama adalah hal utama yang perlu dilakukan, barulah Anda dapat mencari pelanggan baru. Dengan terjalinnya hubungan dengan pelanggan lama akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap promosi dan branding usaha kecil menengah yang anda kelola.

  • Melakukan promosi langsung melalui Facebook ataupun Google Ads

Sekarang ini anda dapat dengan mudah memasarkan produk secara online melalui platform periklanan seperti Google ataupun Facebook. Walaupun untuk melakukan hal ini Anda harus belajar lebih mendalam agar biaya iklan dapat optimal untuk meningkatkan pemasaran produk.

Kesimpulan

Strategi pengembangan usaha kecil menengah menjadi sangat penting dilakukan untuk dapat bertahan dalam persaingan usaha. Karena itu rangkul lah berbagai pihak terkait untuk terus meningkatkan produksi dan pemasaran produk UKM.

Demikian pembahasan tentang pengembangan UKM yang dapat diaplikasikan. Semoga bermanfaat, baca juga artikel lain terkait 5 Ide Usaha Kecil Menengah Terbaik