5 Ide Usaha Kecil Menengah Terbaik

by -7 views
Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Salah satu roda perekonomian Indonesia adalah UKM yang merupakan singkatan dari usaha kecil menengah. Ada banyak sekali ide kreatif yang dapat Anda coba untuk membuka peluang usaha UKM ini.

Pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa ide UKM terbaik yang bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang besar.

5 Ide Bisnis UKM Terbaik

Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Nah langsung saja kita akan membahas beberapa rekomendasi ide bisnis usaha kecil menengah. Berikut diantaranya:

1. Usaha Kecil Menengah Bidang Fashion

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika usaha yang pakaian merupakan salah satu pilihan bisnis UKM yang terbaik. Menurut sumber The Jakarta Post, orang Indonesia sangat memperhatikan produk fashion ketika melakukan belanja online.

Ada banyak jenis pakaian yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha seperti celana, baju, aksesoris, hingga sepatu. Untuk Anda yang memang mempunyai ketertarikan di dunia fashion tentu tidak perlu lagi ragu memulai usaha kecil menengah di bidang fashion ini.

Untuk memulainya Anda dapat menjual produk-produk dari merek terkenal atau dapat juga membuat produk fashion sendiri. Manfaatkanlah teknologi seperti toko online untuk memancarkan produk fashion.

2. Kecil Menengah Perlengkapan Bayi

Sepintas usaha kecil menengah perlengkapan bayi terlihat biasa-biasa saja. Akan tetapi jika kita lihat hasil riset dari Sigma research Indonesia, menyebutkan jika nilai produk ini mencapai 88,1 Triliun rupiah. Angka tersebut tentunya sangat besar dan bisa menjadi peluang terbaik untuk usaha kecil menengah.

Untuk memulainya tidak perlu membuka usaha konveksi dengan biaya besar. Anda dapat memulai bisnis ini dengan menjadi reseller produk produk pakaian bayi, mainan, botol susu hingga lain sebagainya.

3. Usaha Kecil Menengah Kuliner

Usaha kuliner seolah tidak ada habisnya. Terutama di Indonesia dengan jumlah penduduk yang begitu besar tentu bisnis kuliner memiliki potensi keuntungan yang luar biasa

Dalam sebuah data disebutkan jika bisnis kuliner ini setidaknya menyumbang 41,40% produk domestik bruto dengan nilai mencapai 383 triliun rupiah.

Lebih lagi belakangan ini muncul layanan antar makanan seperti go-food atau grab food yang menjadikan pengusaha kuliner dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Tentu ketika anda ingin membuka usaha kuliner harus memanfaatkan fasilitas online seperti ini.

Dengan fasilitas online yang telah tersedia bahkan Anda dapat memulai usaha kuliner tanpa memiliki tempat atau warung khusus kuliner. Memulainya dari rumah kemudian mempromosikannya melalui Facebook ataupun Instagram.

4. Usaha Kecil Menengah Furniture

Di dunia maya bisnis furniture memang tidak sepopuler usaha kuliner ataupun fashion, akan tetapi hal itu tetap memiliki prospek keuntungan yang cukup besar. Pada tahun 2017 setidaknya bisnis furniture telah menyumbang 16,9% omzet e-commerce Indonesia.

Hampir sama dengan bisnis kuliner yang dapat dipasarkan secara online, bisnis furniture pun mendapatkan hal positif dari infrastruktur online ini. Sekarang pelanggan tidak perlu lagi mengunjungi toko fisik untuk membeli furniture. Mereka dapat membelinya secara daring untuk memudahkan memilih dan mencari berbagai kebutuhan perlengkapan rumah.

Atau mereka juga dapat melihat secara online berbagai furniture kemudian membelinya di toko fisik secara langsung,

5. Digital Marketing Agency

Di tahun-tahun belakangan ini hampir semua orang pernah berbelanja secara online. Biasanya mereka mencari produk melalui Google ataupun media sosial. Tapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara memanfaatkan digital marketing ini dengan baik untuk meningkatkan omset penjualan.

Nah untuk Anda yang memang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang digital marketing seperti search engine optimization (SEO), copywriting content writing, website dan lain-lain, dapat membuka UKM di bidang ini.

Dengan membuka usaha online marketing anda juga dapat membantu UKM lainnya untuk memasarkan produk-produk yang sulit mendapat closing secara offline.

Kesimpulan

Usaha kecil menengah memang menjadi salah satu pokok perekonomian Indonesia. UKM telah menyerap banyak tenaga kerja Indonesia untuk mendapatkan penghasilan setiap harinya.

Walaupun memang membuka usaha UKM ini perlu belajar dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil maksimal. Di mana kita mengetahui jika pemerintah pun terus berupaya membantu UKM agar terus berkembang.

Demikian informasi tentang beberapa ide peluang usaha kecil menengah terbaik yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, terima kasih. Baca juga artikel lain terkait Mengapa UMKM Harus Memilih Alat Transaksi Non Tunai?