,

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kecil Menengah (UKM)

by -13 views
Usaha Kecil dan Menengah
Usaha Kecil dan Menengah

Sekarang ini untuk bisa menjadi pebisnis sangatlah terbuka lebar. Siapa pun bisa memulai bisnis dengan membuka usaha kecil dan menengah atau yang biasa disingkat dengan UKM.

UKM menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat kecil untuk membuka usaha secara mandiri. Hal itu karena memang untuk memulainya para pelaku usaha tidak memerlukan modal besar.

Akan tetapi sebelum memulai usaha ini tentu anda perlu mengetahui apa saja kelebihan UKM serta kekurangannya. Itu perlu diketahui agar Anda dapat menghindari kerugian di masa depan.

Kelebihan Usaha Kecil dan Menengah

Usaha Kecil dan Menengah
Usaha Kecil dan Menengah

Jika kita bandingkan dengan usaha yang berskala besar, tentu UKM memiliki berbagai kelebihan. Anda dapat menjalankan usaha secara optimal serta mendapatkan laba atau keuntungan setiap harinya. Berikut diantara kelebihan bisnis UKM:

  • Mudah untuk berinovasi

Usaha kecil dan menengah mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan besar, yaitu dapat berinovasi secara cepat dan mudah. Pasalnya, sistem operasi yang sederhana memungkinkan para pelaku bisnis ini dapat mengeksekusi ide-ide baru dengan melihat tren pasar yang sedang berlaku.

Operasional usaha kecil tidak serumit perusahaan yang berskala besar. Dengan kelebihan tersebut tentu menjadikan pelaku bisnis UKM dapat memutar kemudi usaha dan mengambil peluang pasar secara cepat.

  • Mudah dimulai

Tentu saja untuk memulai UKM Anda dapat memulainya dengan sangat mudah. Hal itu karena dalam operasional usaha kecil tidak membutuhkan modal besar, berbeda dengan perusahaan besar yang bahkan membutuhkan wadah berupa PT untuk mengumpulkan dana.

Dengan modal seadanya siapapun dapat membuka usaha kecil secara maksimal dan menguntungkan.

  • Fokus di satu bidang tertentu

Keunggulan lain dari bisnis UKM adalah lebih fokus pada satu bidang yang digeluti. Misalnya saja ketika anda membuka usaha kuliner maka orang-orang akan dengan sangat mudah mengenali produk utama yang Anda jual.

Dengan fokus pada satu bidang usaha, akan menjadikan bisnis mudah berkembang dan mendapatkan pelanggan yang banyak. Berbeda dengan perusahaan besar, ada banyak bagian yang harus diperhatikan, misalnya terkait branding, pemasaran, produksi dan lain-lain.

Kekurangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Di atas kita telah membahas beberapa kelebihan usaha kecil dan menengah, tidak berimbang rasanya jika kita mengesampingkan kekurangan dari bisnis tersebut. Berikut ini beberapa kekurangannya:

  • Biaya operasional yang terbatas

Walaupun dengan biasya terbatas Anda dapat menjalankan UKM, akan tetapi ini bisa menjadi kendala karena tidak dapat memulai usaha dengan skala besar. Operasional yang kecil tentu berpengaruh terhadap penghasilan, karena penghasilan sebanding dengan modal yang anda keluarkan.

Bahkan jika tidak dapat memiliki keterampilan mengelola dana, para pelaku usaha kecil ini dapat mengalami kemunduran dan terancam gulung tikar.

  • Sedikitnya tenaga ahli

Di perusahaan-perusahaan besar tentu mereka memiliki tenaga ahli yang memadai sehingga dapat berjalan secara maksimal. Akan tetapi berbeda pada bisnis UKM, anda akan sulit untuk menemui tenaga ahli yang profesional untuk mengembangkan usaha.

Terlebih jika menjalankan usaha ini secara mandiri sedangkan Anda tidak memiliki keterampilan ataupun skill yang mumpuni di bidang tersebut. Akibatnya perusahaan tidak dapat memproduksi produk secara optimal dan sulit untuk berkembang.

  • Kemampuan produksi sedikit

Karena jenis usaha ini terbilang kecil maka kapasitas produksi pun terbatas dan sedikit. Karenanya, jika UKM harus bersaing dengan perusahaan besar tentu akan mengalami kekalahan.

Dengan terbatasnya kapasitas produksi, menjadikan pelaku bisnis UKM tidak dapat mengambil atau menyelesaikan semua order yang ada, terlebih jika permintaan pada waktu-waktu tertentu mengalami peningkatan.

Sebagai pelaku usaha tentu ini menjadi nilai kurang karena tidak dapat mengambil profit keuntungan secara maksimal. Karena itu setiap pelaku UKM harusnya dapat menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk menghasilkan produk yang berkualitas serta dengan kuantitas yang banyak.

Kesimpulan

Usaha kecil dan menengah tidak dapat dipisahkan dari perekonomian Indonesia karena memang jenis usaha ini mengambil peranan penting dalam roda perekonomian. Untuk mewujudkan kemakmuran seharusnya UKM diberikan keistimewaan untuk dapat mengakses modal serta sarana dalam pemasaran produk.

Semoga kedepannya pemerintah Indonesia benar-benar fokus untuk mengembangkan bisnis UKM semacam ini. Tapi sebagai pelaku usaha tentu kita pun harus memiliki produk yang dapat dijual serta bersaing di pasar global.

Demikian pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan usaha kecil dan menengah yang perlu diketahui. Semoga pembahasan ini bermanfaat, baca juga artikel lain terkait 7 Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Bisa Ditiru