,

Usaha Kecil Menjanjikan Dengan Angkringan, Simak Potensinya!

by -8 views
Angkringan sebagai usaha kecil yang menjanjikan
Angkringan tempat nongkrong khas Yogyakarta (Image copyright: Crisco 1942)

Bagi kalian mahasiswa yang menuntut ilmu di Yogyakarta, pasti akrab dengan istilah angkringan. Sebutan angkringan ini ditujukan untuk penjual nasi yang menggunakan gerobak, mangkal di suatu tepat, dan membebaskan para pengunjungnya untuk “ngangkring” alias nongkrong sepuasnya. Kini angkringan tidak hanya ditemui di Yogyakarta. Terbukti sebagai usaha kecil menjanjikan, angkringan tersebar di banyak kota, bahkan sudah tersedia pula waralaba untuk angkringan.

Salah satu menu utama yang pasti ada di angkringan adalah nasi kucing. Jangan salah sangka, nasi kucing ini tidak ada unsur lauk kucingnya lho! Dinamakan nasi kucing karena porsinya yang imut, seperti porsi kalau kita memberi makan pada kucing.

Bermula dari Yogyakarta, kini model usaha kuliner angkringan ini merambah ke kota-kota lain. Kamu bisa mencoba berbisnis angkringan, karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar namun menjanjikan keuntungan berlimpah.

Mari kita simak perhitungan bisnis angkringan sebagai usaha kecil yang menjanjikan.

Contoh gerobak angkringan untuk tempat usaha kecil yang menjanjikan
Salah satu contoh gerobak angkringan (Sumber: Tokopedia)

Modal awal angkringan, usaha kecil yang menjanjikan

Gerobak

Gerobak merupakan alat utama, karena kamu akan menjual nasi kucing beserta lauk pauknya di gerobak ini. Melengkapi gerobak, kamu juga perlu menyediakan kursi panjang, dan beberapa tikar. Di marketplace seperti Tokopedia, harga gerobak angkringan berkisar 1-4 juta rupiah belum termasuk ongkos kirim. Kamu juga bisa menyiapkan gerobak kreasi kamu sendiri.

Kompor gas & tabung

Penyebab para pengunjung betah nongkrong di angkringan adalah mereka bisa menikmati berbagai minuman panas yang menyegarkan. Pengunjung juga biasa memanaskan lauk pilihan mereka, seperti sate usus, tempe bacem, ayam goreng dan masih banyak lagi.

Peralatan makan

Kamu bisa menyediakan perangkat alat makan yang sederhana. Piring plastik maupun kaleng pun tidak mengapa, malah lebih praktis karena lebih ringan daripada piring kaca. Yang perlu kamu sediakan lagi tentunya adalah sendok, garpu, tempat nasi, termos es, teko teh, gelas dan cangkir kopi, dan juga nampan.

Ember dan tempat sampah

Untuk kebersihan, sediakan tempat sampah agar pengunjung tidak membuang bungkus sampah seenaknya. Kamu juga perlu ember untuk menampung dan membersihkan piring kotor. Usahakan lokasi angkringan kamu dekat dengan sumber air keran agar kamu bisa mencuci peralatan makan setiap saat diperlukan.

 

Beaya operasional harian angkringan, usaha kecil yang menghasilkan

Setiap hari kamu harus menyiapkan makanan dan minuman untuk usaha kecil yang menjanjikan ini. Untuk menu utama seperti nasi kucing dan lauk pauk, kamu bisa menyiapkan makanan di rumah agar bisa memperkecil ongkos dan memperbesar keuntungan. Untuk menu sampingan seperti gorengan, ambil dari supplier agar kamu tidak menghabiskan waktu dalam memproduksinya.

Menu makanan yang tersedia di angkringan pada umumnya:

  • Nasi kucing dengan lauk ayam suwir / tempe orek / ikan teri. plus sambal
  • Sayap ayam goreng / bakar
  • Leher dan kepala ayam goreng / bakar
  • Ceker ayam goreng / bakar
  • Sate-satean seperti sate usus, sate ati rempela, sate kulit, sate telur puyuh
  • Tahu dan tempe, bisa dibacem atau digoreng tepung

Sedangkan minuman yang banyak dicari di angkringan adalah:

  • Kopi dan berbagai variasi rasa, kamu bisa menggunakan kopi sachet, atau kopi bubuk yang khas
  • Teh, bisa berupa teh panas maupun es teh, dengan tambahan rasa jahe atau jeruk lemon
  • Jeruk, bisa berupa jeruk panas maupun es jeruk
  • Wedang jahe, kamu bisa buat jahe bakar, atau dicampur dengan susu menjadi susu jahe
  • STMJ atau Susu, Telur, Madu dan Jahe

Apabila warung angkringanmu bisa mendatangkan pembeli 100 orang per hari, dan keuntungan setiap pembelian baik makanan dan minuman minimal Rp. 3.000 per orang/per pembelian, maka dalam sehari kamu bisa meraup untung bersih Rp. 300.000,- Per bulan kamu bisa mengharapkan keuntungan kotor minimal Rp. 9.000.000,-

Itu hanyalah gambaran kasar tentang potensi keuntungan kotor dari bisnis angkringan kamu. Terlihat bahwa bisnis angkringan adalah usaha kecil yang menjanjikan. Dikurangi dengan ongkos sewa tempat, untung yang kamu dapat masih cukup besar untuk mengembalikan modal awal.

Keuntungan bisa menjadi lebih besar jika kamu memaksimalkan penjualan online melalui Gofood, Grabfood atau langsung melayani pembelian lewat Whatsapp.

Simak terus Infobiznis.com apabila kamu ingin mendapatkan tips bisnis seputar usaha kecil seperti angkringan ini.