, ,

Usaha Kecil Menjanjikan dari Hobi Binatang Peliharaan

by -5 views
usaha kecil menjanjikan - petshop
Foto: Pexels

Apakah kamu adalah seorang penyayang binatang? Binatang apa saja yang kamu pelihara di rumah? Pasti menyenangkan bukan bisa merawat binatang peliharaan yang kamu sayangi? Siapa sangka hobi kamu untuk merawat binatang ini bisa menjadi sebuah peluang usaha kecil menjanjikan yang bisa membuatmu menjadi pengusaha muda.

Dewasa ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga hewan peliharaan terus meningkat. Oleh karena itu, membuka sebuah petshop dapat menjadi alternatif bagi kamu untuk berbisnis yang sesuai dengan hobi dan passion-mu.

Membuka sebuah petshop tidak selalu harus membutuhkan modal yang besar. Menurut Owner Catty Petshop, Lely H Musar kamu sudah bisa memulai bisnis ini dengan modal awal mulai dari Rp 10 juta saja. Bisnis petshop yang dijalani Lely sejak tahun 2012 itu saat ini sudah menghasilkan omzet hingga Rp 400 juta per bulan dengan 3 toko yang dimilikinya.

Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan yang telah kamu lakukan setiap harinya. Tentu akan lebih mudah untuk memulai usaha kecil menjanjikan ini. Kamu bisa meraih keuntungan, menjadi pengusaha muda, sekaligus menjalankan hobi untuk merawat binatang. Menarik bukan? Tertarik untuk mencoba bisnis ini? Simak beberapa tips memulai bisnis petshop di bawah ini agar bisnismu bisa sukses, ya!

Usaha Kecil Menjanjikan dari Hobi Binatang Peliharaan

usaha kecil menjanjikan - petshop
Foto: Pexels

1. Pilih Lokasi Usaha yang Tepat

Sebelum memulai bisnis petshop, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan lokasi usaha. Kamu harus memilih lokasi yang strategis. Sebisa mungkin harus dekat dengan pemukiman agar tokomu lebih mudah diakses oleh pelanggan.

Gak cuma itu, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain. Seperti luas toko, lokasi yang kondusif, terbebas dari kebisingan dan tidak terlalu dekat dengan jalan raya, pasar, tempat makan atau perkantoran agar hewan tidak mudah stress. Kamu juga harus memperhatikan luas toko agar hewan dapat lebih leluasa bermain.

2. Membuat Izin Usaha

Setelah memilih lokasi usaha yang berada di kawasan yang ramai dan padat penduduk, kamu harus membuat pengajuan permohonan rekomendasi izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota. Setelahnya, kamu harus meminta izin pada warga sekitar karena tidak semua orang nyaman berada di dekat hewan.

Selain itu, jika mendapatkan izin dari warga sekitar, juga dapat menghindarkan kamu dari konflik yang tidak diinginkan di kemudian hari.

3. Usaha Kecil Menjanjikan dengan Menentukan Jenis Layanan Petshop

Selain menjual makanan, vitamin, aksesoris, mainan dan lain sebagainya, kamu juga harus memberikan tawaran pelayanan lain dengan sistem one-stop-service yang terdiri dari jasa grooming sampai penitipan hewan. Dan jika lokasi tokomu cukup luas, kamu juga bisa turut menjual hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan.

Kamu juga bisa merekrut tenaga ahli seperti dokter hewan (veterinarian) dan juga perawat hewan (caretaker) untuk meningkatkan fasilitas pada petshop-mu. Hal ini akan membuat target pasarmu lebih luas, selain itu pelanggan pun akan merasa lebih puas dan terkesan akan fasilitas lengkap yang ada di petshop-mu yang memungkinkan mereka menjadi pelanggan tetap.

4. Mempersiapkan Kelengkapan Peralatan

Setelah memutuskan untuk memilih layanan apa saja yang akan ditawarkan di petshop, tentu kamu harus mempersiapkan kelengkapan peralatan untuk mendukung layanan tersebut.  Pertama, kamu harus mencari supplier dengan kualitas dan harga terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kedua, kamu harus mempersiapkan kebutuhan untuk layanan grooming dan penitipan hewan tadi. Setidaknya kamu harus mempersiapkan ruangan mandi, blower, gunting, sisir, gunting kuku khusus, kandang yang nyaman, tempat bermain dan lain sebagainya untuk meningkatkan kenyamanan hewan yang akan menyenangkan pelanggan.

5. Membangun Hubungan Baik dengan Komunitas

Membangun usaha petshop tidak akan lepas dari komunitas penyayang binatang, oleh karena itu penting bagi kamu untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka dikarenakan petshop merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas.

Kamu bisa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan ikut terlibat dalam event-event yang diadakan oleh komunitas, hal ini dapat membuat petshop-mu dikenal oleh lebih banyak orang.

6. Rencanakan Manajemen Bisnis dan Keuangan

Sebuah bisnis haruslah terencana, oleh karena itu penting bagi kamu untuk menyusun manajemen bisnismu. Hal ini akan membantumu untuk memproyeksikan ke arah mana bisnismu akan berjalan. Beberapa hal yang harus kamu rencanakan dalam manajemen bisnis adalah jam operasional, tarif, paket pelayanan, solusi pembuangan kotoran, dll.

Selain manajemen bisnis, kamu juga harus merencanakan manajemen keuangan agar petshop-mu dapat berkembang. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal agar kamu dapat menjadi pengusaha muda yang sukses dengan bisnis petshop ini.

Sekian artikel mengenai  Usaha Kecil Menjanjikan, Tips Memulai Bisnis Petshop Dari Hobi ini, semoga artikel ini dapat membantumu mempersiapkan bisnis. Selamat memulai usaha petshop-mu sendiri, ya!