,

6 Tips Usaha Kecil Menjanjikan dengan Kain Perca

by -14 views
Ilustrasi penjahit mencari ide usaha kecil menjanjikan
Cari ide kreatif untuk usaha rumahan dengan kain perca

Untuk Anda yang butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah, ide bisnis ini pasti terdengar menyenangkan. Menyulap barang yang tidak terpakai lagi agar menjadi produk baru, bisa menjadi peluang usaha kecil yang menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan bahan baku dari sekitar, misalnya seperti kain perca.

Ya, kain perca yang merupakan sisa-sisa potongan kain bisa Anda manfaatkan. Sulap menjadi berbagai produk yang laku di pasaran. Pasarkan sebagai produk ramah lingkungan karena usaha kain perca merupakan usaha daur ulang.

Ilustrasi rumah tertutup kain perca
Tips pemasaran jitu: selubungi rumah Anda dengan selimut kain perca seperti di foto ini!

6 tips usaha kecil yang menjanjikan dengan kain perca

 

1. Mencari supplier kain perca

Tidak masalah jika Anda memanfaatkan kain-kain bekas di rumah. Namun untuk menjaga kesinambungan produksi, Anda harus memikirkan  dari mana selanjutnya mendapat pasokan kain perca. Anda bisa mencari penjahit atau perusahaan konveksi. Cari tahu apakah Anda bisa menampung potongan kain-kain sisa produksi mereka.

2. Menentukan produk yang ingin Anda buat

Beragam produk yang bisa Anda buat berbahan baku kain perca. Misalnya: bed cover, keset, tas kain, dompet, tas laptop, selimut galon, taplak meja, sarung bantal, celana pendek, celana panjang, daster hingga hiasan dinding. Upaya siswa-siswi SMKN 4 Denpasar ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk mengubah kain perca menjadi busana yang indah. Sebaiknya, fokus pada 1 jenis produk untuk memulai. Siapkan pola desain sebelum Anda mulai langkah selanjutnya.

3. Menyiapkan produksi

Jika Anda punya kemampuan menjahit, Anda bisa melakukan produksi sendiri dengan memanfaatkan waktu luang Anda. Jika tidak, Anda harus  mencari penjahit di sekitar. Dengan berbekal pola dan desain yang telah Anda siapkan, arahkan penjahit untuk memproduksi barang yang Anda mau. Sebaliknya, bila Anda bertekad memproduksi sendiri, siapkan peralatan yang Anda butuhkan seperti mesin jahit, gunting, jarum dan benang. Ada kemungkinan Anda akan membutuhkan pernak-pernik seperti renda dan payet.

4. Memasarkan produk

Saatnya memasarkan produk kreasi Anda! Gunakan media sosial sebagai sarana pemasaran usaha kecil menjanjikan Anda. Berbekal barang yang telah selesai pengerjaannya, ciptakan foto produk yang menarik dan menjual. Anda juga bisa membuka lapak di marketplace seperti Tokopedia.Bila dirasa perlu, terapkan sistem pre-order sehingga Anda tidak perlu menyediakan stok berlimpah.

5. Meningkatkan produksi dan omset penjualan

Anda boleh berancang-ancang sedari dini untuk meningkatkan produksi. Ini berarti Anda harus punya tenaga penjahit lebih banyak, beberapa supplier dengan bermacam model kain perca, dan menyiapkan anggaran untuk memasang iklan di media sosial maupun Google. Jangan lupa untuk mencari tahu pameran handicraft yang terselenggara di kota Anda. Pameran di mal atau pusat pertokoan merupakan peluang besar untuk meningkatkan omset penjualan dan memperluas networking.

6. Jangan cepat puas dengan kesuksesan usaha kecil Anda

Selalu cari ide baru yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Meskipun di awal Anda berfokus pada satu barang, tidak ada salahnya melakukan diversifikasi usaha. Artinya, Anda harus selalu siap dengan gagasan produk baru, atau trik pemasaran yang baru. Selalu ikuti trend yang ada di pasaran, siapa tahu, Anda bisa menyiapkan produk kerajinan kain perca sesuai trend.

 

Berbisnis kain perca selalu menjadi usaha kecil yang menjanjikan dan tidak kenal musim. Terlebih di jaman sekarang, di mana orang makin terbiasa bergaya hidup ramah lingkungan. Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) bisa Anda dengungkan di akun media sosial Anda.

Mengapa? Bisnis kain perca Anda mendukung penuh konsep 3R tersebut. Dengan berbisnis kain perca, Anda turut mengurangi konsumsi kain baru, menggunakan kembali produk lama dengan fungsi baru, dan mengolah kembali produk lama menjadi produk yang sama sekali baru.

Masih butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah Anda? Mengapa tidak simak artikel berikut ini untuk mengubah keterampilan menjahit menjadi sumber uang? Dan jangan lupa terus ikuti Infobiznis untuk mendapatkan informasi terbaru seputar bisnis dan usaha kecil yang menjanjikan.