Usaha Kecil Menjanjikan Dengan Print-on-Demand, Hanya Butuh 6 Langkah!

by -8 views
Kaos print-on-demand untuk usaha kecil menjanjikan
Berekspresi dengan kaos print-on-demand

Kemajuan teknologi menjadikan bisnis print-on-demand naik daun. Kalau dulu barang seperti kaos dan buku harus diproduksi dalam minimum jumlah tertentu, sekarang bisa diproduksi minimum 1 item saja. Print-on-demand bisa menjadi usaha kecil menjanjikan karena tidak butuh modal besar kecuali ketekunan dan kreativitas.

Apa yang dimaksud dengan bisnis print-on-demand?

Print-on-demand adalah teknologi printing yang memungkinkan kita memproduksi barang saat pesanan telah diterima, tanpa jumlah minimum, dan dengan desain yang dibuat sesuai keinginan pemesan.

Print-on-demand digemari banyak orang, karena mereka bisa berekspresi dengan desain mereka sendiri. Ingat, setiap orang pada dasarnya suka bergaya, unik dan tampil beda.

Dengan print-on-demand, orang bisa tampil beda karena desain suka-suka mereka.

Contoh t-shirt sebagai fashion statement dengan print-on-demand
Contoh t-shirt sebagai fashion statement dengan print-on-demand

Setelah memahami konsep print-on-demand, sekarang kita tengok barang apa saja yang bisa Anda produksi dengan metode ini.

  1. Kaos
  2. Cangkir
  3. Legging
  4. Jilbab
  5. Casing handphone
  6. Tote bag
  7. Jaket
  8. Tas backpack
  9. Hoodies dan sweater
  10. Dekorasi rumah
  11. E-money

Banyak pilihan, ya?

Untuk memproduksi barang-barang tersebut, Anda tidak perlu membeli mesin cetak sendiri. Sebaliknya, Anda bisa manfaatkan penyedia jasa print-on-demand.

Dan enaknya lagi, nyaris semua penyedia jasa print-on-demand menerapkan dropshipping. Pesanan Anda akan langsung dikirim ke pelanggan Anda. Anda bisa fokus mencari pelanggan dan juga menyiapkan desain sesuai pesanan. Jika Anda mencari usaha modal sedikit, print-on-demand salah satu alternatifnya.

Sekarang Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, siapa tahu Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses lewat print-on-demand!

Contoh cangkir print-on-demand
Contoh cangkir untuk print-on-demand. Bebas didesain sesuai keinginan pembeli.

6 langkah memulai usaha kecil menjanjikan
dengan print-on-demand

 

  1. Pilih niche yang Anda kuasai

Dengan menentukan niche, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis. Anda bisa pilih untuk bermain di bidang khusus seperti ecotourism, gaya hidup sehat, olahraga, otomotif, atau niche lainnya. Desain untuk tiap niche pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya.

  1. Tentukan produk yang ingin Anda jual

Dari banyak pilihan produk di atas, tentukan produk mana saja yang ingin Anda jual. Anda bisa mulai dengan kaos dan casing handphone. Setelah bisnis rutin berjalan, Anda bisa menambah jenis produk. Siapkan desain sesuai niche Anda dan buat galeri foto mock-up produk sehingga calon pelanggan tahu pasti apa yang Anda jual.

  1. Siapkan media untuk berjualan

Cara mudah untuk berjualan jaman sekarang adalah melalui media sosial. Siapkan akun media sosial Anda seperti Instagram atau Facebook. Anda juga bisa berjualan melalui marketplace seperti Tokopedia. Jika Anda ingin mempunyai website sendiri untuk online shop Anda, gunakan Shopify, platform e-commerce yang pas bagi pebisnis pemula.

  1. Cari penyedia jasa print-on-demand yang terpercaya

Di Indonesia cukup banyak penyedia jasa print-on-demand. Pilih yang terpercaya dalam hal kualitas produk dan pengiriman. Ingat, Anda menjadi dropshipper di sini, sehingga masalah pengiriman menjadi tanggung jawab penyedia jasa.Pilih penyedia jasa yang memiliki layanan pelanggan yang bagus dan tanggap jika timbul masalah tentang pesanan Anda. Jika Anda tidak begitu gape dalam mendesain, pilih penyedia jasa yang memiliki fitur alat desain yang mudah dilakukan.

  1. Promosi secara regular dan konsisten

Setelah segala sesuatu siap, lakukan promosi toko Anda. Promosi efektif lewat media sosial seperti Instagram dan Facebook. Testimoni pelanggan menjadi sarana ampuh untuk meyakinkan calon pembeli baru. Upload contoh desain secara regular dan teratur, dan layani setiap pesan yang masuk dengan cepat dan sopan.

  1. Selalu sediakan desain baru mengikuti trend

Pantau apa yang sedang trending saat ini. Anda bisa menyediakan contoh desain baru sesuai trend agar calon pembeli tahu Anda termasuk orang yang kekinian dan cool.

 

Print-on-demand adalah usaha kecil menjanjikan dengan modal sedikit. Tidak butuh modal besar, tidak butuh dedikasi waktu sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kesibukan keseharian Anda. Target pasar luas mulai dari anak muda, pegawai kantoran sampai ibu rumah tangga.