,

Daur Ulang Sampah Jadi Usaha Kecil Yang Menjanjikan

by -9 views
Foto tong sampah
Ubah sampah dan barang bekas menjadi usaha kecil yang menjanjikan

Kesadaran masyarakat Indonesia masih terbilang kurang untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Meski di beberapa kota sudah dicanangkan gerakan anti tas plastik dan kemasan plastik, itu belum cukup. Sampah plastik dan sampah-sampah lainnya masih menggunung. Sebagai insan kreatif, mengapa kamu tidak mengubah sampah menjadi usaha kecil yang menjanjikan? Bagaimana bisa? Bisa saja, dengan daur ulang sampah dan barang bekas.

Bermacam jenis sampah bisa kamu daur ulang dan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Kita kenali dulu yuk jenis sampahnya!

 

9 jenis sampah untuk ide usaha kecil yang menjanjikan

 

1. Sampah plastik

Banyak kreasi yang telah beredar di masyarakat hasil daur ulang sampah plastik. Sampah plastik ini pun banyak macamnya, seperti botol plastic bekas, sampah tas plastik, perabotan rumah dari plastik dan lain-lain. Kamu bisa mengolah sampah plastik menjadi produk peralatan rumah tangga, atau menjadi ubin dan bata dari plastik.

 

2. Minyak jelantah terbukti sebagai usaha kecil yang menjanjikan

Tahukah kamu, minyak jelantah masih bisa didaur ulang? Jangan buang begitu saja. Kamu bisa membuat lilin aromatherapy dan sabun dari minyak jelantah. Jika kamu mau, kamu bisa jadikan ini sebagai bisnis. Kumpulkan minyak jelantah dari rumah tangga, warung makan atau restoran.

 

3. Koran dan kertas bekas

Gambaran tumpukan buku sebagai sampah
Kertas bekas bisa kamu sulap menjadi usaha kecil yang menjanjikan

Banyak sekali ide produk daur ulang dari koran dan kertas bekas ini. Paling mendasar tentunya mengolah koran bekas menjadi kertas daur ulang. Selanjutnya kerahkan daya kreasi dan imajinasi kamu. Kamu bisa memproduksi kotak kado, coaster / tatakan cangkir, atau buku harian yang cantik.

 

4. Botol minuman bekas dari kaca

Mendaur ulang botol minuman bekas dari kaca bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa mengalihfungsikan botol minuman tersebut. Menjadi hiasan rumah, misalnya. Dengan tambahan asesoris dan pengecatan warna, botol minuman kaca bisa kamu sulap menjadi lebih cantik. Bisa juga buat tempat lilin dan vas bunga. Semua itu bisa menjadi usaha kecil yang menjanjikan keuntungan bermula dari barang bekas.

 

5. Sulap ban bekas jadi usaha kecil yang menjanjikan

Ban bekas bisa kamu olah menjadi sandal yang berkualitas, kursi sampai jadi onderdil kendaraan. Keren ya! Paguyuban Pengrajin Bandol Simba Banyumas melakukannya. Bisnis mereka berkembang tidak hanya untuk konsumsi masyarakat local. Pesanan mulai datang dari berbagai daerah di Indonesia.

 

6. Kayu bekas

Rasanya tidak sulit mengira produk apa yang bisa dihasilkan dari kayu bekas. Kamu bisa menciptakan dekorasi dan furniture dari limbah kayu bekas. Kamu bisa mendapatkan kayu bekas dari kotak bekas tempat buah-buahan, maupun peti kemas. Apabila kamu pintar mendesain dan mau berkutat dengan pekerjaan tukang kayu, bisnis daur ulang kayu bekas pasti menjanjikan keuntungan.

7. Kain bekas

Kain bekas atau kain perca bisa disulap menjadi barang-barang yang fungsional. Misalnya menjadi tas, selimut, keset, dekorasi rumah dan masih banyak lagi. Sumber bahan baku kain perca bisa kamu usahakan dengan bekerja sama dengan pengusaha konveksi.

8. Bungkus kopi sachet

Tas hasil daur ulang bungkus kopi sachet
Sumber foto: rikriksunaryadiblog

Senang minum kopi sachet? Jangan buang bungkusnya. Bungkus kopi sachet bisa kamu ubah menjadi berbagai amcam tas cantik. Kamu bisa bekerja sama dengan warung-warung kopi kecil, mengajari ibu rumah tangga di sekitar kamu untuk berkelompok mengerjakan projek daur ulang ini.

 

9. Sampah organik sebagai usaha kecil yang menjanjikan

Sampah organik tentu saja berbeda dengan sampah yang telah kita sebutkan sebelumnya. Sampah organik bisa terurai oleh bakteri dalam arti kata akan membusuk pada waktunya. Kamu bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos, dan menjualnya dengan keuntungan yang lumayan.

 

Masih banyak lagi sampah yang bisa kamu pikirkan untuk kamu daur ulang dan menjadi usaha yang menjanjikan. Kamu bisa mentargetkan para pecinta lingkungan, yang takkan segan untuk membeli produk daur ulang darimu.

Kamu pun bisa mulai melakukan usaha daur ulang dengan modal kecil. Pilih jenis produk yang memungkinkan untuk kamu kerjakan di rumah.

Jangan segan-segan untuk bergulat dengan sampah dan barang bekas, karena itu bisa jadi sumber uang! Jangan lupa juga selalu simak Infobiznis untuk mendapatkan informasi bisnis yang terpercaya.