, ,

Usaha Kecil yang Menjanjikan di Bidang Pertanian

by -2 views
Usaha kecil yang menjanjikan - agrobisnis

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara agraris yang hampir mayoritas penduduknya berprofesi di bidang pertanian atau bercocok tanam. Hal ini pun didukung dengan iklim tropis serta letak strategis dari negara kita. Ada begitu banyak peluang usaha kecil yang menjanjikan dan bisa kamu coba untuk mulai berbisnis di bidang pertanian.

Mulai dari memanfaatkan lahan sawah atau dengan membuka toko yang menyediakan peralatan bertani. Kamu bisa memaksimalkan peluang tersebut untuk meraup keuntungan dari bisnis di bidang ini. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa peluang dari agrobisnis ini.

Pada artikel berikut InfoBiznis akan mengajakmu untuk mengetahui lebih dalam sejauh mana prospeknya dan apa saja peluang ide bisnis pertanian yang bisa kamu coba. Penasaran, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Usaha Kecil yang Menjanjikan di Bidang Pertanian

Usaha kecil yang menjanjikan - agrobisnis
Foto: Pexels

1. Menjual peralatan atau perlengkapan untuk bertani

Peluang bisnis pertama dari bidang pertanian yang bisa kamu coba adalah dengan menyajikan berbagai macam perlengkapan untuk bertani atau bercocok tanam. Peralatan ini pasti dibutuhkan oleh para petani maupun orang-orang yang senang untuk berkebun.

Pangsa pasarnya yang luas tentu akan memudahkanmu dalam mengejar balik modal. Sekaligus mengembangkan bisnismu lebih cepat. Dengan catatan, kamu melakukan promosi atau strategi pemasaran yang tepat. Seperti dengan menggunakan sosial media dan marketplace yang ada.

2. Bercocok tanam sayuran organik

Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan tubuh semakin meningkat. Hal ini terbukti dari terus meningkatnya minat pasar terhadap sayuran segar terutama sayuran organik yang tak tersentuh oleh cairan kimia.

Nah, buat kamu pengusaha muda yang ingin mulai berbisnis. Peluang usaha sayuran organik ini tentu bisa dijadikan pilihan yang menjanjikan. Kamu tak perlu modal besar untuk memulainya. Cukup sediakan lahan yang tepat untuk digunakan bercocok tanam serta berbekal perawatan yang intens, kamu bisa memanen sayuranmu dalam beberapa minggu sekali.

Buat kamu yang tak begitu paham tentang cara menanam sayuran organik. Kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu melalui internet atau situs jejaring seperti Youtube untuk mendapatkan tutorial serta insight yang lebih dalam untuk memulainya.

3. Bisnis tanaman hias

Beberapa tahun yang lalu, ragam tanaman hias sempat booming dan jadi incaran berbagai kalangan. Beberapa di antaranya ialah Gelombang Cinta, Anggrek dan Bonsai. Harga masing-masing tanaman hias saat itu bisa mencapai ratusan ribu bahkan hingga ratusan juta, lho.

Kini tanaman hias banyak dicari untuk mengisi ruang dalam rumah agar terlihat segar. Terutama bagi mereka yang rumahnya mengusung konsep minimalis. Sentuhan tanaman hias menjadi wajib untuk ditambahkan pada setiap sudut ruangan.

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa kamu coba untuk awal dalam berbisnis ialah tanaman monstera dan kaktus mini.

4. Bisnis benih tanaman

Salah satu jenis agrobisnis yang tak akan pernah sepi peminatnya adalah berjualan bibit atau benih tanaman. Sebab, bagaimana pun untuk menanam sayuran, buah atau tanaman yang lain diperlukan biji untuk menumbuhkannya.

Bisnis yang satu ini tergolong sepele dan mudah untuk dimulai. Kamu tak perlu memiliki keahlian khusus, melainkan hanya perlu memahami produk dari setiap bibit yang akan kamu jual pada pelanggan.

Bentuk bibit yang kering dan kecil, memudahkanmu juga untuk dijual kemana saja. Artinya, kamu bisa memanfaatkan peluang bibit tanaman ini untuk dijual secara online lewat sosial media dan e-commerce.

5. Toko tani online

Kemudahan akses teknologi yang dialami oleh banyak orang, memungkinkan para pelaku usaha dan konsumen melakukan transaksi lebih mudah. Lewat ragam situs marketplace seperti Tokopedia dan BukaLapak, siapapun bisa menjual produk bisnis yang mereka rintis.

Pembelinya pun bisa berasal dari berbagai daerah di Nusantara bahkan hingga dari luar negeri. Kamu juga bisa membuat situs resmi untuk bisnismu sendiri agar terlihat lebih profesional. Dengan demikian, peluang kamu mendapatkan pelanggan tetap pun semakin besar. Terlebih jika rata-rata konsumenmu puas dengan pelayanan serta kualitas produk yang kamu jual.

Nah, itulah tadi berbagai macam peluang usaha kecil yang menjanjikan dalam bidang pertanian yang bisa kamu coba. Terutama buat para pengusaha muda yang masih bingung mencari ide bisnis. Tak perlu berpikir lama, jika kamu sudah menemukan ide bisnis yang tepat segeralah eksekusi agar kamu dapat melihat hasilnya.

Tak perlu takut soal gagal. Dengan tekad yang kuat serta pantang menyerah, kesuksesan tentu dapat kamu capai dengan mudah. Teruslah berinovasi dalam bisnismu dan jangan pernah lelah untuk belajar dari pengalaman. Selamat mencoba!