Usaha Mikro Adalah? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya

by -8 views
Bagaimana Cara Sukses dengan Usaha Kecil-Kecilan
7+ Contoh Usaha Mikro yang Menguntugkan dan Bisa Ditiru

Usaha mikro adalah tulang punggung Indonesia yang harus dikembangkan dan didukung oleh pemerintah. Usaha mikro menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi berbagai persoalan ekonomi.

Di Indonesia sendiri, usaha miKro memiliki potensi yang menguntungkan, khususnya di kawasan pedesaan yang masih sedikit kompetitor. Nah jika tertarik untuk memulai usaha mikro, maka anda perlu mengetahui terkait pengertian, izin usaha dan juga kriterianya.

Usaha Mikro Adalah

Usaha Mikro Adalah? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya
Usaha Mikro? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya

Membicarakan tentang usaha mikro kita dapat melihat undang-undang nomor 20 tahun 2008. Menurut undang-undang tersebut, usaha mikro adalah usaha perorangan yang mempunyai total aset bersih paling banyak sebesar 50 juta rupiah.

Adapun menurut perkembangannya, usaha mikro ini dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang dapat dianggap telah cukup berkembang akan tetapi belum dapat mengakomodir aktivitas ekspor.

Walaupun jika kita melihat keuntungan serta nilai asetnya yang kecil, nyatanya usaha mikro telah menjadi pilar perekonomian di Indonesia. Usaha mikro telah menyerap banyak tenaga kerja di berbagai sektor yang berlebih.

Begitupunn terkait regulasi pendirian usaha mikro di Indonesia saat ini sudah sangat jelas, baik itu terkait definisinya, kriteria, penggolongan, hingga karakteristik modal usaha.

Izin Usaha Mikro

Usaha Mikro Adalah? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya
Usaha Mikro? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya

Membicarakan tentang perizinan usaha mikro ternyata jenis usaha ini juga memerlukan izin. Karena memang usaha mikro telah diatur di dalam undang-undang secara gamblang dan jelas.

Peraturan itu terkait masalah perizinan, kebijakan pajak dan juga sertifikasi. Walaupun usaha ini hanya bersifat entitas bisnis perorangan, tetapi pelaku usaha mikro wajib untuk mengurus perizinan.

Di dalam perizinan, usaha mikro tidak memerlukan surat izin usaha perdagangan (SIUP) tetapi membutuhkan perizinan berupa izin usaha mikro kecil (IUMK) IUMK ini diatur dalam peraturan presiden nomor 98 tahun 2014 serta peraturan menteri dalam negeri nomor 83 tahun 2014.

Kriteria Usaha Mikro Adalah

6 Perbedaan UKM Dan UMKM

Ada dua aspek yang biasa dijadikan sebagai kriteria untuk menentukan usaha mikro, yang pertama adalah kekayaan bersih usaha atau total nilai aset maksimal 50 juta.

Nilai tersebut belum termasuk bangunan tempat usaha serta tanah, sehingga murni nilai 50 juta rupiah tersebut adalah keuangan yang berputar.

Kemudian kriteria yang dapat kita perhatikan terkait usaha mikro adalah terkait omset penjualan tahunan yang tidak lebih dari 300 juta pertahun. Selain itu, usaha mikro adalah bisnis yang belum dapat melakukan ekspor ke luar negeri.

Usaha Mikro Harus Menguasai Ranah Digital

Usaha Mikro Adalah? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya
Usaha Mikro Adalah? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya

Dengan perkembangan teknologi internet yang terus meningkat menjadikan pelaku usaha mikro harus bisa menguasai digital. Dengan menggunakan teknologi digital pelaku usaha dapat menarget konsumen yang lebih luas tanpa terbatas oleh wilayah.

Kesempatan ini tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik. Bayangkan jika anda hanya memanfaatkan fasilitas-fasilitas offline seperti tokoh fisik, dimana pelaku usaha hanya bisa menjangkau orang-orang terdekat saja.

Hal yang lebih menguntung menggunakan platform digital adalah biaya yang relatif lebih murah. Anda tidak perlu menyewa tempat yang mahal atau membayar promosi lewat TV nasional, tetapi sekarang semuanya dapat dikerjakan dengan mudah melalui fasilitas digital.

Buatlah website yang menarik serta memaksimalkan jangkauan promosi menggunakan media sosial sebagai langkah awal yang baik. Manfaatkan juga fasilitas iklan berbayar seperti Google Ads atau Facebook Ads untuk menggenjot pemasaran produk.

Penutup

Usaha mikro adalah pilar perekonomian Indonesia yang harus dijaga dan didukung secara maksimal. Pastikan anda juga mengerti apa itu usaha mikro sebelum memulai berbisnis. Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan baca juga artikel lain terkait 7 Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Bisa Ditiru