,

5 Strategi Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

by -14 views
Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Salah satu jenis usaha yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa disingkat dengan UMKM. Karena itu tidak heran jika UMKM menjadi kelompok usaha yang besar di Indonesia.

UMKM telah berkontribusi besar dalam peningkatan ekonomi Indonesia hingga 60%. Sebagai pelaku usaha tentu kita sering bertanya bagaimana cara meningkatkan atau mengembangkan UMKM dalam menghadapi pasar global.

Strategi Jitu Mengembangkan (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa poin terkait cara pengembangan UMKM dalam menghadapi persaingan pasar. Berikut diantaranya;

1. Pemilihan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Langkah pertama dan yang paling penting ketika membuka bisnis UMKM adalah terkait produk. Pemilihan produk menjadi sangat penting karena ini menjadi langkah awal agar bisnis UMKM dapat berkembang.

Lakukanlah riset terhadap pasar ataupun selera konsumen. Anda dapat melihat tren pasar yang sedang berkembang untuk dapat membidik peluang pasar.

Bukan hanya itu, produk juga harus terjamin kualitasnya untuk dapat bersaing dengan produk yang telah ada. Terlebih banyak orang yang menganggap jika produk impor lebih baik daripada produk domestik.

2. Harga (Price)

Dalam menentukan harga produk tentu tidak bisa sembarangan, harga tersebut harus dihitung dengan teliti. Ada 3 cara dalam menentukan harga yang dapat dilakukan untuk menghindari kerugian serta mendapatkan harga yang ideal, berikut caranya;

  • Mengambil keuntungan 30% dari harga produksi, yaitu dengan menentukan harga berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan.
  • Menentukan harga dengan melihat kompetitor. Anda dapat melakukan riset kecil terlebih dahulu sebelum menetapkan harga, ketahui berapa harga yang dipatok oleh kompetitor serta bagaimana kualitas produk yang mereka tawarkan. Jika Anda dapat menentukan harga yang lebih rendah dari competitor, tentu hal itu lebih baik sebagai strategi pemasaran.
  • Menentukan harga sesuai dengan permintaan konsumen. Cara ini konsumen lah yang menentukan harga produk yang anda miliki. Jika produk berkualitas tentu konsumen tidak akan menawar dengan harga yang terlalu rendah.

3. Pemilihan Tempat (Place)

Untuk memaksimalkan penjualan produk, pelaku UMKM tentu harus memilih tempat yang strategis. Nah berikut beberapa tips untuk menentukan tempat usaha;

  • Mencari lokasi strategis yang mudah diakses oleh semua orang.
  • Pilihlah tempat atau lokasi yang sesuai dengan target pasar yang anda pilih, jika targetnya adalah mahasiswa maka carilah di sekitaran kampus.
  • Mudah dijangkau oleh berbagai alat transportasi.

4. Melakukan promosi (Promotion)

Promosi menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan untuk mengembangkan UMKM usaha mikro kecil dan menengah sangat membutuhkan promosi dan branding produk.

Agar promosi berjalan dengan maksimal lakukanlah riset terhadap produk dan juga calon konsumen yang potensial. Terlebih sekarang pelaku UMKM dimudahkan dengan adanya platform periklanan seperti Google Ads ataupun Facebook Ads.

Dengan platform tersebut memungkinkan anda untuk mentarget calon konsumen yang potensial dan tepat sasaran. Misalnya terkait gender, umur, geografis, minat dan lain sebagainya.

5. People atau SDM

Hal yang tidak kalah penting adalah terkait pemilihan people atau SDM. Untuk menghasilkan produk dan layanan terbaik tentunya andapun harus memilih SDM yang berkompeten di bidangnya.

Lakukanlah seleksi yang ketat terhadap calon karyawan di dalam bisnis, sebisa mungkin hindarilah referensi dari orang terdekat, kenalan atau saudara yang dirasa tidak memiliki skill yang mumpuni.

Anda juga dapat memberikan pelatihan seminar kepada calon karyawan untuk mengasah skill dan kemampuan mereka. Walaupun untuk melakukan hal ini membutuhkan biaya lebih akan tetapi anda dapat memperoleh SDM yang mumpuni yang akan berdampak terhadap bisnis.

Kesimpulan

Pemerintah sangat mendukung UMKM untuk bisa terus berkembang. Karena itu jangan ragu untuk memulai bisnis usaha kecil mikro kecil dan menengah karena sarana dan prasarananya telah banyak dibangun.

Pelajari juga strategi pengembangan UMKM selain yang telah disebutkan di atas, misalnya terkait manajemen keuangan, pemasaran dan lain sebagainya. Dengan mempelajari hal-hal tersebut diharapkan dapat membantu anda untuk menghindari kerugian serta kegagalan.

Demikian pembahasan tentang 5 strategi membangun UMKM untuk menghadapi pasar global serta mendapat keuntungan besar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 5 Strategi Mengembangkan Usaha Kecil Menengah yang Kreatif