Usaha Paling Menguntungkan di Desa Bisa Untung 10 juta/bln

by -41 views
5 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Desa

Usaha paling menguntungkan di desa memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Terlebih sekarang ini pemerintah telah memfokuskan pembangunan di sektor infrastruktur.

Pada dasarnya, pedesan mempunyai potensi yang begitu sangat besar untuk menopang kebutuhan masyarakat di desa. Dengan begitu, siapapun tentunya memiliki kesempatan sukses walaupun kita masyarakat pedesaan.

5 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Desa

5 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Desa

Di artikel ini kamu dapat melihat beragam rekomendasi bisnis yang bisa untung besar jika dijalankan di pedesaan. Untuk lebih jelasnya kamu dapat membaca artikel ini hingga selesai:

1. Agen pengiriman

Belanja online sekarang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, baik itu untuk mereka yang tinggal di kota atau di desa. Melihat hal ini tentunya saja bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Kamu tidak harus berjualan online, tapi cukup dengan membuka agen ekspedisi pengiriman. Ini bisa sangat menguntungkan karena banyak barang-barang di desa yang akan dikirim ke kota. Misalnya produk souvenir, kerajinan tangan, makanan khas atau lain sebagainya.

Sekarang banyak sekali jasa ekspedisi yang membuka agen kemitraan, seperti perusahaan JNE, J&T, Sicepat dan lain-lain. Untuk memulai usaha ini kamu perlu menyiapkan sedikit modal, misalnya untuk biaya administrasi kemitraan JNE adalah sebesar 2 juta rupiah seta uang jaminan 5 juta rupiah.

Jika memang serius ingin membuka kemitraan, kamu dapat mendatangi langsung kantor cabang perusahan terkait yang terdekat di kota kamu.

2. Menjual berbagai bibit tanaman

Usaha paling menguntungkan di desa selanjutnya adalah terkait tumbuhan atau tanaman. Desa merupakan tempat yang sangat ideal untuk bercocok-tanam, hal itu karena disana masih banyak tersedia lahan kosong yang subur.

Nah jika tidak memiliki lahan yang luas, kamu tetap bisa melakukan bisnis pertanian dengan menjual bibit tanaman. Jenis bibit tanaman bisa kamu sesuaikan dengan potensi di daerah masing-masing.

Misalnya di daerah Jambi-Sumatera dimana ini merupakan wilayah yang ekonominya ditopang oleh hasil sawit dan pohon karet. Banyak sekali orang yang membuka lahan untuk menanam karet dan kelapa sawit sehingga kamu bisa tahu bibit tanaman apa yang cocok untuk daerah semacam ini.

Tentu saja setiap daerah itu memiliki perbedaan, silahkan kamu selesaikan. Kamu dapat menghadirkan beragam bibit tanaman mulai dari buah-buahan, tanaman hias, sayuran atau pepohonan.

3. Usaha paling menguntungkan di desa bisnis penginapan

Apakah desa kamu sangat dekat dengan tempat wisata? Jika iya maka bisnis penginapan bisa menjadi pilihan usaha paling menguntungkan di desa.

Suasana yang asri serta segarnya alam menjadi daya Tarik tersendiri mengapa banyak orang lebih memilih liburan ke perkampungan. Selain itu, di desa ada banyak sekali kuliner unik yang tidak ada di idi perkotaan sehingga ini pun menjadi nilai tambah yang bisa meningkatkan perekonomian.

Walaupun memang tidak semua desa memiliki prospek keuntungan di bisnis penginapan ini, akan tetapi jika di daerah kamu dianggap layak, kamu dapat menyediakan kamar penginapan yang nyaman. Tidak harus seperti apartemen atau hotel, cukup dengan sebuah kamar serta dilengkapi fasilitas toilet dan tempat mandi.

4. Usaha sewa alat pertanian

Membuka layanan sewa alat pertanian juga menjadi salah satu usaha paling menguntungkan di desa yang bisa kamu coba. Untuk memulai usaha ini memang dibutuhkan modal lebih untuk membeli berbagai peralatan pertanian seperti traktor, ekskavator, cultivator dan lain sebagainya.

Bisnis semacam ini masih sangat jarang ada di pedesaan, sehingga bisa dikatakan hampir tidak ada pesaingnya. Selain itu,target pasar dari penyewaan alat pertanian ini sangat jelas dan kamu tidak memerlukan marketing yang berlebihan.

Terlebih jika memasuki musim-musim tertentu seperti musim menanam atau panen, dimana kebutuhan akan peralatan pertanian sangatlah tinggi.

Di awal memang perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar, tapi itu hanya kamu keluar sekali di awalnya saja. Selanjutnya kamu hanya perlu melakukan maintenance atau perbaikan kecil pada peralatan. Dari bisnis ini kamu bisa untung hingga 10 juta rupiah perbulan atau bahkan lebih.

5. SPBU mini

Membuat stasiun pengisian bahan bakar seperti SPBU Pertamina tentunya saja membutuhkan modal yang sangat besar. Akan tetapi ini bisa kamu tetap bisa memperoleh keuntungan dari jualan bahan bakar yaitu dengan membuka SPBU mini.

Di desa orang orang juga menggunakan mobil dan sepeda motor dimana jumlahnya sudah tidak terhitung lagi. Tentu ini bisa menjadi pilihan usaha paling menguntungkan di desa dengan melihat prospek tersebut.

Kamu dapat memulai usaha ini dengan membeli Pom mini dengan kisaran harga 7 juta rupiah. Alat semacam ini juga dapat dipesan secara online dan tentunya dengan tambahan biaya pengiriman ke daerah masing-masing.

Untuk prospek keuntungannya sendiri, jika kita asumsikan dalam sehari bisa terjual 50 liter bahan bakar, maka keuntngan hariannya adalh 85 ribu ruoiah. Ini dikalikan selama 1 bulan maka keuntungan bersihnya darah sekitar 2 juta 500 ribu rupiah.

Penutup

Ada 5 rekomendasi usaha paling menguntungkan di desa yang bisa menjadi pilihan bisnis. Kamu dapat memilih salah satunya untuk memperoleh penghasilan yang cukup besar. Terimakasih dan baca juga artikel lain terkait 3+ Peluang Usaha Ternak di Desa yang Sedikit Pelakunya