, ,

Usaha Rumah Makanan Sehat, Omset Bisa Ratusan Juta!

by -8 views
Katering makanan sehat bisa mulai dari usaha rumahan
Katering makanan sehat semakin diminati orang bergaya hidup sehat

Bisnis katering semakin marak belakangan ini. Orang tak lagi punya cukup waktu untuk menyiapkan makanan. Mereka memilih membeli makanan siap santap, bahkan tanpa perlu meninggalkan tempat tinggal atau meja kantor. Anda bisa mulai usaha rumah untuk memenuhi kebutuhan mereka, dengan membuka layanan katering pesan antar atau delivery order.

Menyikapi kompetisi katering yang main tinggi, Anda bisa mencari celah untuk usaha Anda. Sekarang, orang menaruh perhatian lebih akan makanan yang mereka santap. Makanan sehat semakin popular, menunjang gaya hidup sehat yang orang pilih.

Orang memiliki alasan yang berbeda untuk menyantap makanan sehat. Ada yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, ada juga demi alasan kesehatan seperti jantung dan diabetes.

Anda bisa simak beberapa ide makanan sehat di bawah ini. Sediakan katering makanan sehat untuk pelanggan Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Usaha rumahan Anda bisa lebih bersaing dengan menyajikan menu-menu diet yang sedang tinggi peminatnya.

Tampilan box makanan
Contoh tampilan box makanan untuk usaha katering rumahan Anda

 

1. Diet mayo

Diet mayo adalah diet yang membatas konsumsi karbohidrat dan garam.Anda harus menyediakan menu selama 13 hari tanpa menggunakan garam. Anda bisa memperkaya menu dengan menambahkan buah dan sayuran. Daging tetap diperbolehkan, namun tetap dimasak tanpa garam. Yang terpenting adalah tidak ada karbohidrat sama sekali.

 

2. Diet keto

Yang sedang populer di kalangan ibu-ibu adalah diet keto. Anda bisa membuka usaha rumahan berfokus pada diet keto ini. Diet keto juga membatasi asupan karbohidrat  hingga 20-50 gram sehari, namun memperbolehkan penggunaan garam. Kadar protein dan lemak mendominasi menu diet keto, namun Anda harus menghindari lemak jenuh yang berlebihan dalam menu diet keto. Proses ketosis terjadi ketika tubuh membakar lemak yang disimpan dalam tubuh menjadi energi.

 

3. Diet paleo

Anda juga bisa menyediakan menu diet paleo. Biasa juga disebut dengan diet manusia purba atau diet manusia gua. Sesuai namanya, diet ini meniru kebiasaan makan orang-orang pada masa Paleolitik (sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun yang lalu). Dipercaya, dengan mengonsumsi makanan seperti nenek moyang zaman prasejarah ini, kita akan terhindar dari penyakit modern seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan lain-lainnya. Tubuh juga menjadi lebih ramping. Menu diet paleo menggunakan bahan makanan alami, dan dilarang menggunakan segala jenis makanan olahan seperti susu dan gula pasir.

 

4. Diet vegan

Diet yang satu ini mengurangi konsumsi semua produk hewani seperti daging, telur, keju dan susu. Anda harus menyusun menu berbasis nabati, namun tetap memperhatikan kandungan gizi. Diet vegan yang benar bisa menurunkan jumlah lemak jenuh, kolesterol dan kadar gula darah. Sebaliknya, diet vegan yang sembarangan juga bisa berdampak buruk pada tubuh.

 

5. Diet muscle building

Orang yang menerapkan diet muscle building berharap untuk menambah massa otot atau membentuk otot dengan mengonsumsi makanan pilihan. Menu diet ini berkebalikan dengan menu diet untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menambahkan menu yang kaya lemak sehat, tanpa perlu menghindari karbohidrat kompleks. Bahan yang dipercaya bagus untuk membentuk otot adalah putih telur, dada ayam, daging sapi, udang, tuna, buah pisang, kacang-kacangan, dan salmon.

 

Masih banyak lagi diet selain 5 pilihan di atas. Menyediakan katering dengan menu diet akan menambah daya saing usaha Anda. Meskipun usaha Anda berupa usaha rumah, jangan takut untuk bersaing dengan katering lain yang telah eksis. Apabila Anda tekun, katering bisa mendatangkan omset ratusan juta rupiah.

Tentu saja Anda harus menguasai terlebih dahulu tentang diet-diet yang Anda pilih. Jangan sampai menyusun menu sembarangan, karena itu akan menghancurkan reputasi Anda.

Anda bisa belajar atau mengambil kursus katering makanan sehat.Atau Anda bisa menggandeng teman dokter atau ahli gizi sebagai konsultan menu-menu Anda. Mulai usaha rumah terlebih dulu, sampai Anda punya cukup banyak pelanggan.

Alternatif lainnya, Anda bisa mengambil waralaba katering makanan sehat. Dengan waralaba, Anda tidak perlu memulai segalanya dari nol, karena hampir semua sudah disiapkan oleh pewaralaba. Dan jangan lupa, selalu pantau Infobiznis untuk mendapatkan informasi dan ide bisnis rumahan terpercaya.