,

Usaha Rumah Menjanjikan dengan Minuman Kemasan

by -15 views
Minuman kemasan satu peluang usaha rumah
Minuman kemasan selalu dicari orang

Di supermarket, kita melihat jajaran minuman kemasan baik dalam botol maupun tetrapak. Faktanya, tidak semua orang sreg dengan minuman kemasan modern. Masih banyak orang yang memilih produk rumahan, karena bisa mendapat produk yang lebih segar dan tanpa pengawet. Anda bisa memulai usaha rumahan untuk minuman kemasan, karena tidak membutuhkan modal besar dan juga bisa dilakukan di rumah.

Anda bisa memulai usaha di rumah, dan memasarkannya secara online. Karena minuman kemasan menuntut kesegaran, Anda bisa menetapkan sistem pre-order. Sistem pre-order juga akan mengurangi potensi kerugian jika ada minuman yang tidak laku.

Simak serba-serbi minuman kemasan untuk usaha rumah Anda.

Jus jeruk dalam botol
Temukan minuman yang Anda kuasai

7 jenis minuman untuk inspirasi usaha rumahan

1. Jamu

Jamu tradisional naik daun belakangan ini. Orang mulai mengonsumsi jamu tradisional secara teratur untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa menyiapkan jamu dalam botol yang siap minum. Jamu yang populer misalnya jamu beras kencur, kunyit asem, dan jamu empon-empon.

2. Jus buah

Jus buah selalu laku di setiap musim, baik musim kemarau maupun musim hujan. Hampir semua orang menyukai jus buah, namun tidak setiap orang punya waktu untuk menyiapkannya. Mengemas jus buah dalam botol adalah peluang bisnis bagi Anda.

3. Kopi

Anda bisa mengemas kopi dalam botol, dalam berbagai rasa. Tidak perlu takut bersaing karena pangsa pasar kopi ini cukup luas. Rasa yang spesial bisa Anda ciptakan, agar berbeda dengan produk keluaran pengusaha kopi lainnya

4. Teh

Siapa yang tidak menyukai Teh Botol? Anda bisa turut berusaha dalam teh botolan, dengan berbagai variasi rasa. Misalnya teh jahe, teh susu, ataupun teh keju.

5. Susu

Susu sapi dalam berbagai rasa bisa Anda kemas dalam botol. Dan tidak terbatas pada susu sapi. Anda bisa membuat susu kedelai dan mengemasnya dalam botol. Produksi susu kedelai bisa Anda lakukan di rumah, karena itu sungguh pas untuk usaha rumah Anda.

6. Minuman tradisional

Tidak hanya jamu, nenek moyang kita juga mewariskan bermacam minuman tradisional. Misalnya seperti wedang uwuh, bandrek, atau bajigur. Anda bisa mengemasnya dalam botol dan memasarkannya agar tak kalah dengan minuman kekinian lainnya.

7. Yogurt

Anda bisa membuat yoghurt sendiri di rumah. Pada dasarnya, yoghurt adalah susu yang difermentasikan. Tambahkan rasa seperti strawberry, melon, anggur, dan rasa yang lain untuk mengimbangi rasa asam yoghurt.

 

Ketujuh ide minuman di atas bisa Anda coba untuk menemukan mana yang cocok untuk usaha rumahan Anda. Anda bisa juga berkreasi mencari ide minuman lainnya. Agar usaha Anda mampu bersaing dengan produsen lain di pasaran, tips di bawah ini bisa Anda coba.

Botol kemasan dalam berbagai ukuran
Sediakan opsi beberapa ukuran kemasan

7 tips untuk usaha rumah minuman kemasan

1. Utamakan kebersihan dan kesegaran produk

Selalu utamakan kebersihan selama membuat dan mengemas minuman. Yakinkan bahwa kesegaran produk Anda terjaga. Anda bisa merekam proses produksi dan membagikan video tersebut melalui media sosial, agar pelanggan Anda yakin tentang kebersihan dan kesegaran produk usaha rumahan Anda.

2. Kemas dengan menarik dan aman

Cari kemasan yang menarik dan aman. Jangan sampai minuman tiba di tangan pelanggan dalam keadaan belepotan. Untuk membuat kemasan yang menarik, tidak susah. Anda bisa menyewa jasa desainer untuk membuat logo dan stiker kemasan yang menarik. Botol kemasan dalam berbagai ukuran bisa Anda cari dengan mudah di marketplace seperti Tokopedia.

3. Sediakan beberapa pilihan ukuran

Sekarang, hampir setiap kedai kopi menyediakan kemasan dalam botol 1-1,5 liter. Mereka sadar bahwa orang juga bisa menikmati kopi di rumah bersama keluarga. Karena itu, tidak hanya kemasan 200ml, namun kemasan literan pun laku di pasaran.

4. Lisensi usaha rumahan dari pemerintah

Jika usaha rumahan Anda sudah mulai stabil, usahakan untuk mendapat lisensi dari pemerintah, seperti dari BPOM, P-IRT dan sertifikat halal.

5. Gencarkan promosi melalui media sosial

Media sosial masih menjadi sarana ampuh untuk promosi, dan bisa dimulai dengan gratis. Anda bisa menyewa jasa content creator untuk menciptakan konten yang bermutu dan menarik perhatian. Siapkan juga foto-foto produk yang menarik dengan caption yang jelas dan informatif.

 

Bersiaplah untuk memulai usaha rumah Anda untuk menggarap minuman kemasan. Coba satu dua resep untuk satu jenis minuman yang Anda kuasai. Kirimkan sample produk ke orang-orang terdekat. Mereka dapat memberi tahu Anda apakah rasa minuman Anda sudah sesuai dengan ekspektasi pasar.