, ,

Usaha Rumah Modal Kecil Untung Banyak? Hmm, Jualan Puding Saja!

by -5 views
Foto puding cokelat untuk usaha rumah
Bikin puding cokelat untuk usaha rumah yang menjanjikan!

Puding, makanan ringan yang biasa disajikan dingin ini, masih menjadi favorit di setiap musim. Kalau kamu cari di marketplace seperti Tokopedia, ada lebih dari ratusan hasil pencarian di Tokopedia dengan kata kunci “puding”. Ini menandakan puding adalah produk yang banyak dicari. Kamu bisa mencoba bikin puding karena ini merupakan usaha rumah yang menguntungkan.

Yang banyak dijual orang adalah puding cup. Disajikan dalam cup atau mangkok kecil, puding ini banyak dicari untuk pencuci mulut. Usaha puding cup adalah usaha kecil yang bisa dimulai dari rumah.

Kamu tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk berjualan, karena bisa jualan online lewat marketplace atau media sosial. Kamu tidak perlu membeli peralatan khusus kecuali cetakan dan kemasan puding yang harganya cukup murah.

Berikut hal-hal yang kamu persiapkan untuk memulai usaha rumahan jualan puding.

Foto Puding Roti
Puding roti pas buat arisan, ide usaha rumah modal kecil

5 langkah memulai usaha rumah bikin puding

 

  1. Tetapkan target pasar kamu

Hal ini penting karena menyangkut produk apa yang perlu kamu siapkan. Jika kamu menargetkan anak sekolah, tentu pudingnya beda jika yang kamu targetkan adalah ibu-ibu arisan.

  1. Pilih jenis puding sesuai target pasar

Untuk target orang dewasa, kamu bisa menawarkan puding dengan cake atau ice cream. Sedangkan untuk anak-anak, kamu bisa menjual puding buah dengan bentuk yang lucu-lucu dan berwarna-warni.

  1. Cari supplier bahan baku puding

Ini akan mempermudah jika usahamu semakin berkembang dan pesanan semakin banyak. Kamu bisa mencari supplier bahan kue yang terdekat dengan rumah, atau yang melayani delivery order sehingga kamu tidak perlu pergi sendiri ke toko.

  1. Riset untuk menetapkan harga jual

Jangan sampai harga jual puding kamu jauh lebih mahal dibanding puding lainnya di pasaran. Kamu bisa riset melalui marketplace seperti Tokopedia. Atau jalan-jalan ke pusat pertokoan dan melihat booth puding yang ada di food court.

  1. Menetapkan strategi pemasaran

Sesuai dengan target pasar, kamu bisa menentukan strategi pemasaranmu. Jika kamu telah cukup percaya diri, puding bisa kamu titipkan di toko-toko kue, warung tetangga, atau kantin sekolah. Atau bisa juga kamu titipkan ke supermarket. Jangan lupakan media sosial untuk mempromosikan puding kamu. Ciptakan merek dan tagline yang singkat, padat dan mudah diingat.

 

Kisah sukses Yunita Adriana, mulai dari usaha rumah modal Rp 100.000

 

Yunita mengawali usahanya dengan modal Rp. 100.000 saja untuk membeli bahan baku puding. Bermula dari acara pengajian yang dia ikuti, dia merasa puding bisa dijadikan bisinis yang menarik. Yunita belajar dari resep yang dicarinya di internet, sampai menemukan resep yang pas dan memulai usaha rumahan berfokus pada silky pudding.

Silky pudding atau puding sutera memiliki tekstur yang lembut karena menggunakan lebih banyak susu dibandingkan puding biasa. Namun, silky pudding tetap terlihat kenyal seperti agar. Orang senang menikmati puding ini karena praktis, tinggal diseruput saja sudah terasa nikmatnya.

Yunita menyediakan silky pudding dalam beberapa varian rasa. Ia juga mengemasnya dalam cup kecil dan cup besar. Selain itu Yunita juga melayani pesanan khusus untuk silky pudding dalam kemasan jar atau botol.

 

Kamu bisa merintis usaha rumah seperti Yunita untuk jualan puding. Peralatan dan proses pembuatan puding tak memerlukan tempat yang luas. Untuk memulai, kamu cukup menyediakan panci, gelas takar dan mixer.

Tidak perlu ragu lagi untuk memulai usaha rumah bikin puding jika kamu merasa ini tepat untukmu. Cari resep di internet seperti di Cookpad. Kamu akan menemukan ribuan resep untuk puding cup. Eksperimen sampai kamu menemukan resep yang pas. Jangan takut untuk berkreasi untuk membuat puding kamu mudah dikenang oleh pembelimu. Dan jangan lupa, selalu ikuti Infobiznis untuk mendapatkan informasi seputar usaha rumah yang menjanjikan.