Usaha Ternak Lele, Ini Rincian Modal serta Caranya!

by -4 views
Usaha Ternak Lele, Ini rincian Modal serta Caranya!

Usaha ternak lele kini sudah menjadi bisnis yang digandrungi banyak orang. Hal itu dikarenakan usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Walaupun bisa dijalankan dengan modal kecil, usaha ini dapat menghasilkan income yang cukup menggiurkan. Selain itu, siapapun dapat memulai usaha bahkan pemula sekalipun tanpa pengalaman sebelumnya.

Berapa Rincian Modal Usaha Ternak Lele?

Usaha Ternak Lele, Ini rincian Modal serta Caranya!

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, usaha ini dapat anda jalankan dengan modal yang minim. Hal tersebut dapat dilihat dari rincian biaya yang dibutuhkan.

Jika kita totalkan, untuk memulai usaha ternak lele biaya yang diperlukan hanyalah 2 juta rupiah.

Untuk rincian modalnya dapat anda lihat sebagai berikut:

  • 1. Membeli 2 terpal yang berukuran besar dengan harga Rp 600.000
  • 2. Kerangka bambu agar lebih hemat dengan harga max. Rp 300.000.
  • 3. Paku seharga Rp 50.000.

Sehingga total investasi awal yang perlu anda persiapkan adalah sebesar Rp 950.000.

Akan tetapi anda juga mempersiapkan benih ikan seharga Rp 500.000. Dengan harga segitu anda dapat memperoleh benih sekitar 2000an.

Siapkan juga biaya untuk pakannya sebesar Rp 500.000. Kemudian jika diperlukan tambah juga keperluan untuk vitamin serta obat-obatannya seharga Rp. 100.000.

Maka total keseluruhannya adalah Rp. 2.100.000.

Biaya yang tersebut hanya perlu anda keluarkan ketika baru memulai usaha ternak lele. Ketika nanti bisni sudah berjalan maka anda hanya perlu mengeluarkan biaya operasionalnya saja.

Bagaimana Cara Usaha Ternak Lele yang Benar?

Usaha Ternak Lele, Ini rincian Modal serta Caranya!

Diatas kita telah melihat berapa rincian modal yang diperlukan. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah terkait bagaimana cara membudidayakan ikan lele tersebut.

Karena itu anda dapat melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai. Berikut adalah caranya:

1. Membuat kolam

Ini bagian yang penting dan krusial karena kolam merupakan media untuk membudidayakan lele.

Untuk ukuran kolamnya itu dapat anda sesuaikan sendiri, bebas ukuran berapa saja. Karena berapa ukuran kolamnya anda hanya perlu menyesuaikan jumlah bibit ikan.

Anda dapat membuat kolam berukuran kecil, misalnya 2×4 meter, 3×5 meter atau lainnya.

Akan tetapi penting untuk menjadi suhu air dengan kisaran 20 hingga 28 derajat.

Perhatian juga tinggi kolam, jangan dibuta terlalu dalam agar sinar memperoleh sinar matahari yang cukup. Anda dapat membuat tinggi kolam sekitar 95 CM.

2. Memilih bibit yang unggul

Salah satu kunci sukses di dalam usaha ternak lele adalah dengan memilih bibit unggul. Ini sangat penting terlebih ketika anda baru pertama kali memulai dan menggeluti bisnis ini.

Biasanya, bibit pejantan ikan lele yang berkualitas dapat dilihat dari perutnya yang ramping, berwarna hitam. kepalanya cenderung pipih serta dapat berenang lincah.

Adapun untuk yang jenis betian, ciri utama yang dapat diperhatikan adalah perutnya yang berukuran besar. Selain itu perhatikan juga kepalanya cembung, memiliki warna hitam serta bisa berenang lincah.

Nah satu lagi, jenis bibit lele yang berkualitas juga dapat dilihat dari kelaminnya. Untuk yang betina kelaminnya itu cenderung bulan jika dibandingkan dengan pejantan yang lebih terlihat runcing.

3. Memastikan kondisi air

Walaupun biasanya lele hidup di air yang berlumpur, namun anda perlu memastikan jika air yang digunakan pada kolah sudah bersih.

Jangan sampai air telah tercemar dengan bahan-bahan yang berbahaya. Hal tersebut tentu dapat berpengaruh terhadap perkembangan ikan nantinga.

Selain itu, air yang kotor juga dapat berbahaya bagi orang yang mengkonsumsi ikan lele tersebut. Karenanya memastikan air benar-benar bersih dan sehat adalah hal wajib yang  anda lakukan.

4. Pakan harus diberikan secara rutin

Ini juga menjadi bagian penting, yaitu rutin di dalam memberi pakan kepada ikan. Sama seperti hewan ternak lain, jika ikan kekurangan pakan maka proses perkembangannya pun akan lambat.

Anda bisa memberikan pakan untuk ikan dengan sentrat 781-1. Berikan sentrat secukupnya 3 kali sehari.

Pada umumnya ikan lele siap panen adalah yang sudah berumur 3 hingga 4 bulan. Anda pun dapat melihat ciri fisik ikan yang siap dipanen memiliki ukuran 7 sampai 12 CM.

Penutup

Usaha ternak lele memang bisa menjadi pilihan terbaik karena dapat dimulai dengan modal kecil. Semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga pembahasan lain terkait 5 Jenis Usaha Peternakan yang Mudah Dikembangkan Saat Covid 19