,

Jadi Affiliate, Usaha Untuk Mahasiswa Modal Kecil

by -4 views
Cara Meningkatkan Penjualan
Cara Meningkatkan Penjualan

Apa yang dimaksud dengan affiliate marketing? Apabila kamu seorang mahasiswa yang seharian bergumul dengan laptop, affiliate marketing ini bisa dicoba sebagai usaha untuk mahasiswa seperti kamu. Penghasilan yang bisa kamu dapat dari komisi affiliate cukup menggiurkan, lho.

Dalam affiliate marketing, kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang kamu promosikan. Setiap kamu mendaftar sebagai affiliate, kamu akan mendapatkan kode referral.

Tautan atau link ke produk yang sudah ditempeli kode referral ini bisa kamu pasang di blog, website atau akun media sosial kamu. Setiap orang yang mengklik tautan tersebut dan akhirnya membeli produk kamu, akan menghasilkan sejumlah komisi sesuatu kesepakatan.

Terlihat mudah ya? Maka dari itu, affiliate marketing memang usaha yang cocok bagi mahasiswa yang setiap hari bergulat dengan laptop.

Cukup mudah untuk dijalankan, namun banyak tantangan untuk benar-benar menghasilkan komisi.

 

Potensi usaha untuk mahasiswa di dunia affiliate marketing

 

Berikut langkah yang perlu kamu tempuh untuk menjadi seorang affiliate dari nol.

  1. Tentukan niche apa yang akan kamu garap

Niche adalah bagian dari pasar yang menjadi target atau fokus kamu. Niche yang populer misalnya tentang otomotif, kesehatan, bisnis, dan teknologi. Niche kesehatan bisa kamu perinci lagi menjadi diet sehat, fitness, menurunkan berat badan, atau sehat menurut ilmu tradisional. Niche bisnis bisa kamu pecah lagi menjadi bisnis online, bisnis waralaba, tips usaha untuk mahasiswa, dan sebagainya. Menetapkan niche sangat penting agar kamu bisa fokus dalam menjalankan proses selanjutnya. Tidak masalah jika kamu belum menguasai niche tersebut, karena ilmu bisa dicari. Yang penting kamu merasa nyaman dengan niche tersebut.

  1. Bangun blog sesuai dengan niche pilihanmu

Setelah kamu menetapkan niche, mulai bangun blog. Kamu bisa menggunakan Blogger atau WordPress. Lebih baik jika kamu punya domain sendiri seperti Infobiznis.com ini. Kamu bisa membeli domain sendiri misalnya namakamu.com dan dihubungkan dengan Blogger. Modal kamu hanya berkisar 100-200ribu per tahun untuk membeli domain. Update blogmu secara teratur dengan tulisan dan artikel yang sesuai dengan niche.

  1. Daftar ke program afiliasi

Setelah blog kamu mendapatkan traffic atau kunjungan yang cukup baik, kamu bisa mendaftar ke website yang menyediakan program afiliasi. Misalnya blog kamu tentang travel, kamu bisa mendaftar ke Agoda sebagai afiliasi mereka. Rata-rata program afiliasi yang disediakan oleh bermacam perusahaan adalah gratis, selama kamu terbukti memiliki blog atau website yang memenuhi persyaratan.

  1. Promosikan blog dan produk

Kamu akan mendapatkan kode referral unik yang bisa kamu tautkan di konten blog kamu. Program afiliasi yang bagus biasanya juga melengkapi anggotanya dengan berbagai alat promosi. Seperti banner dan widget  yang bisa kamu download kodenya dan bisa kamu pasang di blog. Sebarkan tautan melalui berbagai media seperti media sosial.

 

Modal yang diperlukan untuk menjadi seorang affiliate tidak besar. Kamu hanya perlu beli domain dan hosting, dan dedikasi waktu kamu. Sebab itu, menjalankan affiliate marketing adalah pas banget sebagai usaha untuk mahasiswa seperti kamu.

Meskipun sifatnya fleksibel dan kamu bisa mengerjakan kapan saja di waktu luang kamu, sebaiknya kamu mendedikasikan waktu khusus barang 1-2 jam per hari untuk usaha ini.

Selain menyediakan blog, kamu perlu setup akun media sosial untuk promosi. Lewat Facebook, Twitter, Instagram dan Pinterest, kamu bisa mempromosikan setiap artikel yang baru kamu publish di blog.

Artikel yang kamu tulis pun harus sesuai dengan niche dan mendukung program afiliasi. Jika kamu menjadi affiliate Agoda, kamu bisa menulis review tentang hotel-hotel dan juga destinasi wisata. Sisipkan tautan ke Agoda menuju halaman profil hotel yang kamu review, tentunya disertai dengan kode referral kamu.

Perlu kamu ingat, walaupun kamu membangun blog untuk misi affiliate marketing, kamu harus tetap memperhatikan audiens alias pengunjung blog kamu. Sediakan konten-konten yang bermutu dan enak dibaca, agar pengunjung merasa senang dan menikmati blog kamu.

Saat pembaca mengklik tautan yang kamu sediakan, dan terkonversi menjadi pembeli, saat itulah kamu akan menikmati hasil dari jerih payahmu. Yakinlah, affiliate marketing pas sebagai usaha untuk mahasiswa karena tidak membutuhkan modal banyak dan fleksibel sifatnya.