6 Langkah Membuka Warung Kopi Sederhana di Rumah

by -37 views
Warung Kopi Sederhana di Rumah

Konsumsi kopi orang Indonesia setiap tahun meningkat dengan pertumbuhan rata-rata 8,22% per tahunnya. Tak heran, warung kopi dan kafe semakin terlihat bertebaran di sana sini, mulai dari jalanan hingga di pusat perbelanjaan atau shopping mall. Kopi hadir dengan berbagai varian rasa dan dikemas dengan cantik. Apabila Anda punya ruang tak terpakai di rumah seperti teras atau garasi, Anda pun bisa turut serta membuka usaha warung kopi sederhana.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha warung kopi rumahan tidak begitu besar. Tempat yang mungil dengan beberapa kursi sudah cukup. Anda menghemat anggaran untuk sewa tempat yang bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan lain.

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang 6 Langkah Memulai Usaha Makanan Rumahan Online, kini simak 6 langkah awal untuk usaha warung kopi sederhana di rumah.

6 langkah menyiapkan usaha
warung kopi sederhana di rumah

 

  1. Memahami calon pelanggan

Driver ojek online nongkrong di warung kopi
Foto: Tribunnews

Karena usaha warung kopi Anda berada di rumah, sebaiknya target calon pelanggan Anda sederhana seperti masyarakat sekitar. Anda pasti sudah memahami seberapa kuat daya beli masyarakat di lingkungan Anda. Selain masyarakat sekitar, Anda juga bisa mengharapkan driver ojek online yang sering menghabiskan waktu di warung kopi sembari menunggu order.

  1. Menyiapkan tempat dan fasilitas

Anda bisa menyulap garasi ataupun teras menjadi warung kopi sederhana. Siapkan satu dua meja dengan kursi panjang untuk menghemat tempat. Meskipun sederhana, Anda bisa siapkan fasilitas agar pengunjung betah nongkrong di warung Anda, misalnya dengan free-wifi dan televisi. Apalagi jika Anda hendak menjaring driver ojek online, free-wifi pasti sangat menarik bagi mereka.

  1. Menghitung anggaran dan mencari supplier

Biji Kopi
Cari supplier kopi Indonesia dan hindari kopi sachet meski warung kopi Anda sederhana

Setelah mengetahui calon pelanggan dan merancang tempat, Anda bisa menghitung anggaran yang dibutuhkan. Anda juga harus mencari supplier kopi dan membeli peralatan. Jangan bayangkan warung kopi mewah ala coffee shop, karena target pengunjung Anda adalah masyarakat sekitar dan driver ojek online yang kebutuhannya lebih sederhana. Di awal, sudah cukup jika Anda menyiapkan kopi hitam, kopi susu dan kopi jahe yang tak pernah kekurangan peminat.

  1. Menyiapkan produk pendamping

Menyesuaikan dengan calon pelanggan Anda, yang mayoritas masyarakat sekitar dan driver ojek online, Anda bisa menyiapkan produk selain kopi. Makanan ringan seperti gorengan, kacang goreng, bermacam kripik bisa Anda siapkan. Selain bikin betah pengunjung, Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari sini. Jika Anda berminat, bisa juga menyediakan mie instan di daftar menu.

  1. Mulai berjualan dan berpromosi

Setelah semuanya siap, Anda bisa mulai berjualan dan berpromosi dimulai dari orang-orang terdekat seperti teman, saudara dan tetangga. Sebarkan selebaran pada driver ojek online agar mereka mau mengunjungi warung kopi sederhana Anda.

  1. Mengembangkan usaha

Barista Warung Kopi
Belajar menjadi barista, mengapa tidak?

Setelah semua berjalan lancar, saatnya mengembangkan usaha Anda. Misalnya dengan memperluas jangkauan pelanggan dan menambah jenis minuman yang Anda tawarkan. Jangkauan pelanggan bisa diperluas dengan menyediakan layanan delivery dan melakukan promosi di media social. Karena itu, jenis minuman yang Anda tawarkan harus memenuhi keinginan pasar, misalnya dengan menyediakan kopi susu, cappuccino dan coffee latte dalam kemasan botol.

 

Usaha yang besar seringkali dimulai dari kecil. Siapa tahu, garasi rumah Anda akan menjadi titik awal sejarah sebuah gerai kopi ternama. Sembari menjalankan usaha warung kopi sederhana, Anda bisa belajar lebih jauh tentang bisnis warung kopi dan juga memperdalam ilmu pemasaran.Tak ada yang tak mungkin, selama kita bekerja keras dan berdoa.