, ,

Usaha Warung Sembako Modal 5 Juta? Ini Caranya!

by -9 views
usaha warung sembako
usaha warung sembako

Mungkin banyak bertanya sebenarnya berapa modal yang perlu dikeluarkan saat memulai usaha warung sembako. Usaha kecil yang menjanjikan ini memang kerap dijadikan salah satu jenis usaha rumahan khususnya bagi para ibu rumah tangga. Lalu bagaimana jika modal buka toko sembak tidak besar?

usaha warung sembako
Persiapan usaha warung sembako

Usaha Warung Sembako dengan Modal Peralatan Toko

Sebelum masuk ke dalam persiapan isi warung sembako, pastikan kamu melengkapi terlebih dahulu peralatannya. Kamu bisa memakai peralatan di rumah seperti meja dan kursi. Selain itu, pastinya kamu membutuhkan satu rak yang menjadi ciri khas dari warung sembako itu sendiri.

Untuk rak sendiri mungkin membutuhkan modal warung sembako sekitar Rp 750 ribu. Selain itu, kamu bisa membeli peralatan pendukung lain misalnya timbangan, plastik dan ember atau wadah untuk beras misalnya. Kamu bisa menggunakan budget sekitar Rp 250 ribu untuk hal ini. Jangan lupa memanfaatkan barang yang ada di rumah ya.

usaha warung sembako
Belanja kebutuhan usaha warung sembako

Usaha Warung Sembako dengan Menyiapkan Barang Dagangan

Nah sekarang saatnya untuk mengisi barang dagangan. Pastinya warung sembako tidak akan berjalan bila tidak ada barang yang ingin dijual. Berarti kamu kira-kira hanya memiliki uang sebesar Rp 4 juta. Apakah uang ini cukup? Tentu saja kamu perlu mengaturnya dengan cara yang tepat.

Pertama-tama, kamu tak perlu ambisius untuk membeli semua jenis barang. Pilih barang yang sekiranya akan mudah laku terjual dalam kurang lebih seminggu ke depan. Kamu bisa melakukan riset mengenai kebutuhan apa yang diperlukan oleh pelanggan di sekitarmu.

Misalnya jika banyak anak kost seperti mahasiswa atau pekerja kantoran, kamu bisa menyetok mi instan yang cukup banyak karena ini adalah kebutuhan mereka. Jangan malah menyetok banyak beras karena biasanya mereka malas untuk memasak nasi sendiri apalagi kalau tidak punya alat memasaknya.

Kamu juga jangan langsung memborong dengan jumlah yang banyak. Buat stok kira-kira satu sampai dua hari saja. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan banyak varian barang. Selain itu, kamu juga perlu pintar-pintar memilih distributor barang yang sesuai.

Jangan ragu untuk melakukan persiapan matang termasuk melalukan survei distributor. Cobalah untuk mendapatkan data seputar harga barang. Sebaiknya kamu juga memperhatikan jarak antara toko distributor ke warung sembako milikmu. Jika murah tapi terlalu jauh tentu akan menghabiskan biaya transport. Kamu harus mencatat secara detail berbagai biaya yang akan keluar.

usaha warung sembako
Lokasi usaha warung sembako

Pilih Lokasi yang Tepat

Jika kamu hanya memiliki modal warung sembako yang tidak begitu besar sebaiknya memakai ruang di rumah saja. Cara ini akan bisa sangat menghemat biaya pengeluaran. Jika mau menyewa tempat, sebaiknya kamu juga menyesuaikan dan memastikan lokasinya benar-benar strategis. Kios kecil rata-rata disewakan Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta.

Tentu saja kamu tetap bisa membuka usaha warung sembako. Hanya saja berarti kamu tidak bisa berbelanja banyak. Sebenarnya ini bukan masalah karena modal barang bisa ditambah jika kamu sudah mendapatkan pemasukan. Hanya saja jika memang mau mengeluarkan uang sewa, kamu harus memastikan lokasinya sangat strategis.

Bila tidak menjanjikan maka sebaiknya kamu bisa memakai ruang kosong di depan rumah saja. Jangan membuat terlalu besar terlebih dahulu. Kamu bisa membuka warung kecil-kecilan. Jika sudah terkumpul uangnya barulah bisa melakukan sedikit renovasi.

usaha warung sembako
Keuntungan usaha warung sembako

Putar Uang Keuntungan

Dalam berbisnis tidak ada keuntugan yang instan. Jika sudah mulai ada uang masuk, sebaiknya jangan dianggap sebagai keuntungan. Justru kamu harus menyimpan uang tersebut untuk dibelanjakan kembali. Pastinya usaha warung sembako yang lengkap akan mendapatkan banyak pelanggan.

Nanti ketika memang sudah hampir balik modal, barulah kamu bisa mengambil keuntungan darisitu. Itupun harus kamu rencanakan berapa yang akan dibelanjakan kembali dan mana yang akan menjadi keuntungan. Jangan juga langsung kamu ambil dalam jumlah besar karena berpotensi tidak punya modal di kemudian hari.

Wah ternyata bukan tidak mungkin punya uang Rp 5 juta sebagai modal usaha warung sembako. Kamu hanya perlu tahu cara yang tepat untuk mengelolanya. Bisnis sekecil apapun harus dicoba supaya kamu bisa mengetahui teknik bisnisnya. Jika sudah besar, barulah kamu bisa berinovasi sesuai dengan keinginan.