, ,

Usaha yang Cocok untuk Pelajar SMK, Ini Rekomendasinya

by -0 views
Usaha Ternak Modal 1 Juta
Usaha yang cocok untuk pelajar smk

Sebagai lulusan SMK tentu dituntut untuk bisa bekerja langsung. Karena itu banyak lulusan SMK yang bingung untuk membuka bisnis apa. Nah berikut kita akan membahas usaha yang cocok untuk pelajar SMK dan bisa Anda kerjakan dengan mudah.

Rekomendasi Usaha Kuliner untuk Lulusan SMK.

usaha yang cocok untuk pelajar smk
Usaha yang cocok untuk pelajar smk

Rekomendasi pertama adalah terkait usaha kuliner, hal itu karena memang jenis usaha ini mudah untuk dijalankan. Berikut rekomendasinya untuk Anda;

  • Cilok daging ayam

Ketika lulus SMK Anda dapat memulai usaha cilok daging ayam, tidak perlu malu dan merasa minder karena prospek usaha ini cukup menjanjikan. Terlebih memang untuk membuka usaha cilok daging ayam tidak memerlukan modal besar.
Anda dapat memulai usaha ini dengan modal 1 juta saja. Ya walaupun itu tergantung dengan pilihan bagaimana cara Anda memulainya.

  • Es krim

Hampir sama dengan cilok daging ayam, modal yang diperlukan untuk usaha pembuatan es krim terbilang yang relatif murah. Anda dapat memulai usaha ini dengan uang tabungan mulai dari hingga 2 juta.
Cara memasarkannya pun sangat mudah, Anda dapat menitipkan ke warung terdekat, atau menjualnya di sekolah, kantin kampus dan lain sebagainya.

  • Bisnis yoghurt

Dahulu yoghurt kurang diminati oleh masyarakat karena rasanya yang tidak familiar. Akan tetapi Anda dapat mengkreasikan yoghurt dengan memberikan sentuhan rasa yang unik dan disukai.

Di bisnis ini pun mudah dijalankan karena tidak memerlukan modal yang besar, cukup dengan uang tabungan Rp1.000.000 Anda sudah bisa memasarkan yoghurt baik ke sekolah atau ke kampus-kampus.

Nah itulah sederetan rekomendasi peluang usaha kuliner untuk lulusan SMK. Selain itu masih banyak jenis usaha kuliner lain seperti, membuat rempeyek, menjual jus buah, sosis telur, gorengan, nugget ayam, es dawet dan lain sebagainya.

Bisnis Peternakan untuk Lulusan SMK

usaha yang cocok untuk pelajar smk
Usaha yang cocok untuk pelajar smk

Selain kuliner Anda juga bisa memilih jenis lain misalnya peternakan. Prospek usaha peternakan juga sangat menjanjikan, karena setiap harinya orang tentu Mencari konsumsi ikan ataupun hewan pedaging. Berikut rekomendasinya;

  • Membudidayakan ikan dengan kolam terpal.

Kendala utama ketika beternak ikan adalah kolam. Biasanya dalam pembuatan kolam tentu memerlukan modal dan biaya yang tidak sesuai. Akan tetapi hal itu bisa disiasati dengan membuat kolam terpal karena biayanya yang relatif lebih murah.

Untuk memulai usaha ini Anda dapat mencobanya dengan membuat satu kolam terpal terlebih dahulu. Jika dirasa cocok dan sukses Anda dapat mengembangkan peternakan ikan dengan menambah beberapa kolam berikutnya.

  • Budidaya jangkrik

Bagi pecinta burung tentu sangat membutuhkan jangkrik untuk pakan burungnya. Karena itu tidak heran jika prospek budidaya jangkrik cukup menjanjikan.

Untuk membuka usaha ini pun terbilang relatif murah dan Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan ruangan kosong yang ada di rumah. Modal awal usaha ini bisa dimulai dengan 3 juta hingga 7 juta. Jika berhasil estimasi pendapatan per bulannya mencapai 5 hingga 9 juta.

  • Ulat Hongkong

Bukan hanya jangkrik, biasanya para pencinta burung juga mencari pakan ulat Hongkong. Untuk memulai usaha budidaya ulat Hongkong sangatlah mudah serta modal yang diperlukan Tidak besar.

Anda dapat memulai usaha ini hanya bermodal Rp1.000.000 saja. Jika berhasil mengelola budidaya ulat Hongkong perkiraan estimasi pendapatan setiap bulan bisa mencapai Rp 8.000.000.

Nah itulah deretan beberapa rekomendasi peluang usaha terkait peternakan. Selain itu masih banyak jenis peternakan lain yang bisa dicoba misalnya, budidaya ikan gurame, ikan lele, ayam bangkok dan lain-lain

Bisnis Pertanian untuk Lulusan SMK

Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan
Usaha yang cocok untuk pelajar smk

Lulusan SMK juga bisa mencoba peruntungan dengan membuka bisnis pertanian. Ada banyak jenis tumbuhan yang bisa dibudidayakan, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Budidaya cabe merah hidroponik

Bertani dengan metode hidroponik belakangan ini ini sedang naik daun. Banyak orang lebih memilih pertanian hidroponik karena dianggap mudah untuk dijalankan serta lebih sehat.

Salah satu jenis tumbuhan yang bisa ditanam dengan metode hidroponik adalah cabai merah. Usaha ini dapat Anda mulai dengan modal minim namun untung besar.

  • Budidaya jamur kuping

Menjalankan usaha budidaya jamur kuping sangat menguntungkan karena harganya yang relatif mahal. Walaupun memang membutuhkan keahlian tertentu tetapi Anda dapat mempelajarinya secara otodidak melalui internet atau mencari rekan yang memang sudah ah berpengalaman.

Untuk membuka usaha budidaya jamur kuping dapat dimulai dengan modal 3 hingga 5 juta. Estimasi keuntungan per bulan bisa mencapai 15 juta. Cukup menggiurkan bukan?

  • Budidaya jahe

Jahe adalah salah satu komoditas rempah-rempah yang banyak dicari orang. Jahe dapat diolah menjadi pelengkap bumbu dapur ataupun untuk dibuat minuman jahe.

Salah satu jenis jahe yang cukup mahal adalah jahe merah, per kilonya bisa mencapai Rp20.000. Selain itu untuk membuka usaha ini Anda dapat memulainya dengan modal Rp3.000.000.

Itulah beberapa apa rekomendasi usaha pertanian yang cocok untuk lulusan SMK. Selain itu masih banyak jenis usaha pertanian lain yang bisa dicoba, misalnya budidaya jamur tiram, budidaya cabe rawit, kangkung hidroponik dan lain sebagainya.

Anda juga dapat memulai jenis usaha lain yang menguntungkan. Di beberapa artikel sebelumnya kami telah membahas terkait usaha clothing ataupun konveksi yang bisa Anda coba setelah lulus SMK.