,

Waralaba dan Agen Jasa Logistik Yang Tak Pernah Mati

by -2 views
Contoh paket yang dikirim oleh perusahaan logistik
Contoh paket yang dikirim lewat perusahaan logistik

Salah satu jenis usaha yang tetap bertahan di masa pandemi ini, bahkan cenderung meningkat, adalah usaha logistic atau yang mencakup kurir, kargo dan pengiriman barang. Bagaimana tidak, kebutuhan untuk pengiriman barang terus naik karena masyarakat tidak lagi bebas keluar rumah. Toko online juga semakin bertumbuh karena merupakan satu bisnis online yang bermodal kecil dengan usaha dilakukan dari rumah. Tertarik berbisnis di bidang logistik? Anda bisa mengambil waralaba jasa logistik sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Volume transaksi e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai angka USD 130 miliar pada tahun 2030. Bisa dibayangkan pertumbuhan jasa logistik, karena bisnis e-commerce pasti membutuhkan jasa logistik untuk pengiriman barang mereka ke konsumen.

Secara umum, untuk menjadi mitra atau agen logistik, Anda perlu menyiapkan ruangan untuk konter usaha, memiliki komputer, printer dan juga koneksi internet.

Karyawan yang perlu disiapkan bisa mulai dari 1 orang. Setiap perusahaan logistik pasti akan menyiapkan pembekalan dan training untuk karyawan Anda.

Berikut 13  perusahaan bidang logistik yang menawarkan waralaba/program mitra yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai usaha.

  1. Lion Parcel

Armada Lion Air
Armada Lion Air yang mendukung jaringan pengiriman Lion Parcel – Sumber Foto: Lion Parcel

Lion Parcel merupakan bagian dari perusahaan Lion Air. Tak heran jika Lion Parcel bisa menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia, karena didukung oleh armada Lion Air. Anda bisa mendaftar menjadi mitra Lion Parcel baik sebagai bahan hukum maupun sebagai perseorangan.

  1. JNE Express

JNE didirikan tahun 1990, dan terus memperluas jaringan ke seluruh kota besar di Indonesia. Perusahaan logistik ini juga telah mendapat sertifikasi ISO 9001:2008 atas system manajemen mutu.

  1. TIKI

TIKI sudah mulai melayani masyarakat sejak tahun 1970. Awalnya memiliki dua cabang utama di Pangkalpinang dan Semarang. Saat ini TIKI telah melayani 453 kabupaten/kota dan terus memperluas jaringannya.

  1. 21Express

Komisi yang ditawarkan oleh 21Express pada agen bisa mencapai 38%. Berdiri pada tahun 1991 di Surabaya dan beroperasi di Jakarta sejak tahun 1992, 21Express kini sudah memiliki cabang-cabang tersebar di seluruh Indonesia

  1. Mitra Agenpos Indonesia

Agenpos merupakan program kemitraan dari PT Pos Indonesia. Tanpa perlu membayar royalti atau uang jaminan, Anda bisa dengan mudah menjadi agen dari Pos Indonesia. Jangkauan wilayah yang dilayani oleh Pos Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

  1. Dino Express

Pada tahun 2010, Dino Express berdiri dan melayani jasa pengiriman darat, laut dan udara. Kini Dino Express telah memiliki cabang dan agen di 30 kota di Indonesia dan terus mengembangkan jaringan.

  1. Wahana Express

Wahana Express telah melayani jasa logistik lebih dari 20 tahun. Mereka tumbuh sebagai perusahaan yang dinamis dan mengikuti perkembangan jaman, dan berfokus pada layanan yang hemat, cemat dan bersahabat.

  1. RPX

RPX telah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan mendukung pengiriman logistik terpadu baik untuk domestic dan internasional. Perusahaan jasa logistik ini kini memiliki lebih dari 1.700 karyawan yang tersebar di lebih dari 40 kota di seluruh Indonesia.

  1. Waralaba JET Express

Didirikan pada tahun 2015, JET Express telah memiliki lebih dari ratusan outlet di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Dilansir dari blog JET Express, mereka memiliki promosi khusus untuk calon penerima waralaba di kota-kota seperti Makassar, Palu, Kendari, Palangkaraya, Pontianak, Banjarmasin, Kupang, Manado, Mataram, dan Pontianak.

  1. Indah Logistik

Indah Logistik didirikan pada tahun 2011 dan kini memiliki layanan lengkap untuk pengiriman darat, laut, udara, city courier, kereta api dan trucking. Sejak tahun 2019, perusahaan ini menawarkan peluang waralaba agar masyarakat bisa menjadi Agent Otonom mereka.

  1. Waralaba Pandu Express

Pandu Logistik berdiri sejak tahun 1992. Pandu Express merupakan produk mereka untuk melayani binsis ritel, UMKM, e-commerce dan pasar mikro. Anda bisa mengambil waralaba Pandu Express Outlet dengan persyaratan yang cukup mudah.

  1. Ninja Express

Startup logistik Singapura, NinjaVan, berekspansi ke Indonesia di bawah nama NinjaXpress pada tahun 2016. Kini, wilayah pengiriman NinjaXpress telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Mereka membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi agen NinjaXpress.

  1. Mitra Konter Ritel SAP Express

SAP Express menyediakan jasa pengiriman dengan COD (Cash on Delivery) dan kini tersebar hingga pelosok desa di Indonesia. Anda bisa menjadi mitra konter ritel SAP Express dengan biaya mulai Rp. 350.000 saja.

 

Memulai bisnis logistik sebagai franchisee ataupun sebagai agen bisa dibilang mudah. Anda bisa mengecek ke situs resmi tiap-tiap perusahaan untuk mengetahui persyaratan lengkap dan beaya yang harus Anda keluarkan untuk menjadi pe-waralaba atau mitra mereka.