, , ,

Yuk, Kenali Bisnis Waralaba dan Jenisnya

by -11 views
Waralaba
Foto: Pexels

Seperti yang kita ketahui di tahun 2020 bisnis franchise atau waralaba menjadi peluang usaha atau bisnis yang trend dan terbilang cukup menjanjikan. Tak sedikit pengusaha pemula yang memanfaatkan peluang usaha ini untuk memulai langkahnya dalam dunia bisnis.

Namun karena tingkat peminatnya yang banyak, hal ini kemeudian meningkatkan persaingan yang ada sehingga membuatnya semakin ketat. Karenanya para pelaku usaha diharapkan dapat terus meningkatkan dan mengembangkan daya saingnya sehingga tidak tergeser oleh strategi pasar yang baru.

Franchise atau waralaba merupakan bisnis dengan sistem yang cukup mudah. Hanya dengan menginvestasikan modal maka semua kebutuhan baik itu inventory, bahan baku usaha, dan perlengkapan usaha nantinya akan disediakan oleh pemilik brand franchise.

Cukup mudah karena kita pemberi modal tidak perlu repot-repot untuk mengurus semua hal dalam persiapan usaha. Tapi dari semua kelebihan itu apa sih sebenarnya waralaba itu?

Pengertian Waralaba

Waralaba
Foto: Pexels

Waralaba atau akrab disebut franchise merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, francorum rex yang artinya “free from servitude” atau “bebas dari ikatan atau kungkungan”. Dari kata tersebut maka waralaba (franchise) berarti kebebasan dalam kepemilikan usaha.

Dalam artian setiap pihak yang terika

t suatu kerjasama dalam perjanjian ataupun kontrak untuk dapat memiliki usaha dan dapat mengoperasikan usaha tersebut secara mandiri. Namun kendati terdapat kata bebas dalam kata franchise ada beberapa hal yang sifatnya mutlak tidak bebas yaitu meliputi kepemilikan hak kekayaan intelektual (HKI), seperti merek (brand), rahasia dagang, hak paten, dan hak cipta.

Dengan arti kata lain, penyedia layanan franchise atau dalam hal ini disebut franchisor hanya meminjamkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada pihak pembeli waralaba (franchisee) agar dapat dimanfaatkan secara komersial dalam jangka waktu tertentu. Hal ini diatur dan terikat secara hukum sesuai dengan perjanjian lisensi ataupun perjanjian waralaba.

Sedangkan, franchise dalam bahasa Indonesia dikenal dengan waralaba. Kata waralaba sendiri diambil dari bahasa Sanskerta, yang dibagi menjadi “wara” dan “laba”.

Kata “wara” memiliki artian lebih sedangkan “laba” memiliki artian keuntungan. Sehingga dalam bahasa Indonesia waralaba memiliki artian  “lebih menguntungkan”.

Menurut R. Justin dan R. Judd (1988) mengatakan bahwa franchise merupakan peluang bisnis di mana pemilik (produsen atau distributor) suatu layanan atau produk bermerek dagang memberikan hak eksklusif kepada individu untuk distribusi lokal dan/atau penjualan layanan atau produk, dan sebagai imbalannya menerima pembayaran atau royalti dan kesesuaian dengan standar kualitas.

Terkait pengertian tentang franchise atau waralaba juga diatur dalam PP No.42 Tahun 2007 menyatakan Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sisitem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telag terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian yang ada.

Jenis-Jenis Waralaba yang Ada di Indonesia

Waralaba
Foto: Pexels

Ada banyak jenis waralaba yang berlaku di Indonesia. Jenis ini dibagi dalam beberapa kategori seperti asalnya serta berdasarkan produk yang ditawarkan. Nah, berikut beberapa di antaranya:

Jenis Franchise Berdasarkan Asalnya

1. Franchise Asing/Luar Negeri

Jenis waralaba yang satu ini adalah yang paling banyak disukai atau diminati karena sistem dan mekanisme yang ditawarkan. Serta diberikan jelas dan sudah terjamin akan diterima di seluruh dunia franchise jenis ini akan memberikan kesan lebih bergengsi dan lebih dipandang baik di mata konsumen.

Beberapa jenis franchise dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah McDonalds, Burger King dan Starbucks.

2. Franchise dalam Negeri

Jenis franchise yang satu ini juga tidak kalah diminati oleh pengusaha pemula. Franchise dalam negeri biasanya dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan franchise asing. Nah, kalau kamu tertarik untuk mulai usaha, bisa pilih salah satu franchise dalam negeri yang ada, ya.

Jenis Waralaba Berdasarkan Jenis Jasa/Produk yang Ditawarkan

1. Franchise Produk

Franchise produk merupakan jenis usaha yang menawarkan ragam produk berupa barang seperti makanan, pakaian, peralatan dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia sendiri jenis franchise yang satu ini sering dijadikan pilihan terutama franchise makanan yang dianggap ramah risiko bagi para pengusaha pemula.

Salah satu waralaba produk yang bisa kamu jadikan pilihan adalah franchise kopi seperti Berikan Kopi atau Cetroo Coffee.

2. Franchise Jasa

Selanjutnya adalah franchise jasa yang menawarkan produk berupa jasa atau layanan. Ada banyak ragam franchise jasa seperti beberapa di antaranya adalah franchise laundry, bengkel dan masih banyak lagi yang lain. Kalau dilihat dari segi harga, untuk bergabung menjadi franchise sebuah brand jasa membutuhkan modal yang sedikit lebih besar daripada waralaba produk. Contoh franchise jasa ini adalah Mr Klin Laundry dan The Clean Bar.

3. Franchise Gabungan

Waralaba jenis ini memberikan produk berupa barang dan jasa dalam satu paket jadi jenis waralaba ini menawarkan produk berupa barang dan juga memberikan pelayanan sekaligus. Contohnya seperti klinik kecantikan dan butik yang memberikan pelayanan salon dan juga menjual pakaian.

Setelah mengetahui pengertian dan jenis franchise yang ada, sekarang kamu bisa mempertimbangkan dengan teliti jenis waralaba apa yang sesuai dengan preferensimu nantinya. Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat dan salam sukses!